Pierobon X80R Reinkarnasi Ducati Supersport

0
Pierobon-X80R
Pierobon mengambil mesin dari Ducati 848 Superbike yang dilekatkannya pada mdoel X80R. Foto: Pierobon

Milan (naikmotor) – Satu lagi merek motor eksotik yang menggunakan mesin turunan Ducati. Brand asal Italia, Pierobon sepertinya malah membuat produk Ducati sportbike menjadi supersport.

Seperti model Pierobon X80R yang ditampilkan saat EICMA (Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accessori), atau Milan Motorcycle Show, 19-22 Nopember 2015 lalu. X80R tampil sebagai sepeda motor khusus di trek sirkuit, berbekal mesin Ducati 848 Superbike.

Pierobon boleh saja tak dikenal di area lain, karena kiprahnya kebanyakan di dunia balap. Pierobon pernah mendesain kit rangka trellis yang dimuati mesin Ducati Panigale 1199, atau Ducati Panigale 899, hasilnya sebagai Pierobon X60R dan F042 hyperstreet.

X80R Supersport memiliki kemiripan dengan X60R Superbike berpendinginan udara, sebab kedua model menggunakan rangka dan swingarm aluminium alloy EN AW-7020 yang sama.

Pabrikan eksotik Italia itu mengklaim, mereka memang lebih fokus pada kekuatan torsional sasis, tanpa mengesampingkan kekompakan dan ringannya model. Misalnya saja dengan tautan pipa yang hampir rapat dengan mesin, sekaligus agar performa handling dan kelincahan motor lebih baik.

Demikian juga dengan box section swingarm dua sisi berdesain under brace, agar daya cengkram saat akselerasi dan corner entry maksimal.

Penggerak Pierobon X80R memang berbeda dengan model lainnya. Mesin Ducati 848 Superbike menjadi penggeraknya, karena sasis X80R mudah mengadaptasinya, termasuk mesin empat katup Ducati lainnya.

Kit X80R pun tersedia, yang berisi rangka trellis, subframe, swingarm, tangki, set belakang dan bagian lain yang bisa dipadu dengan motor  lainnya.

Kit dirancang mudah untuk konversi, jadi tangki bisa memuat pompa 848, 1099, dan 1199. Sementara subframe belakang bisa memuat knalpot undertail 848, 1099, dan 1199. Sementara bodi bisa dipilih dengan bahan serat kaca atau serat karbon.

Dengan kit Pierobon, bobot sepeda motor hanya sekitar 150 kg saja. Tentu menarik bagi penggemar kecepatan, baik di balap atau track day (Afid/nm)

Pierobon-X80R-11

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here