Ubahan Mekanis, Ducati Monster 1200R 2016 Makin Beringas

0
Ducati-Monster-1200R-2016-EICMA
Ducati Monster 1200R 2016 mendapat revisi pada sektor mesin termasuk desain stylish dengan racing strip. Foto: Arif

Milan (naikmotor) – Di antara 9 model yang ditawarkan Ducati untuk 2016, Monster 1200R menjadi satu-satunya model naked bike yang terus dipulas dengan desain dan teknologi khas pahatan Bologna.

Monster menjadi ikon Ducati yang telah terbukti diterima pasar di seluruh dunia. Kini dengan varian R, yang bermakna model naked dengan performa tertinggi, Monster makin berdandan eksotis.

Monster 1200R dirancang dengan mengombinasikan antara paras naked bike dengan alur desain sport-touring yang kompak dan lincah untuk menciptakan kesan model individualis, selayaknya nama Monster.

Semua elemen yang menempel menciptakan sosok Monster sebagai legenda Ducati dengan pahatan khas naked bike gaya Italia termasuk racing strip yang menjadikannya seperti motor balap.

Bukan sekadar tampang yang dipulasm tenaga Monster 1200R juga beringas didukung mesin hasil evolusi terkini, Testastretta 11° twin-cylinder yang mampu menyemburkan dorongan tenaga lebih besar.

Perubahan mekanis dari Monster 1200S sebelumnya antara lain kompresi lebih tinggi (13:1 dari 12,5:1) serta elips thottle body (56mm dari 53mm) serta diamter pipa header knalpot (58mm dari 50mm) menghasilkan tenaga maksimum 160 daya kuda @ 9.250 rpm (niak dari 147 tenaga kuda), dan torsi 131,4 Nm @ 7.750 rpm (naik dari 91,8 Nm).

Monster 1200R juga ini memiliki desain muffler pentagonal yang baru sehingga tidak menyentuh tumit ketika keluar menikung. Perubahan lainnya pada kosmetik Monster 1200R dengan serta karbon di fender depan, fairing lebih ramping, rancangan jok lebih tajam.

Angka-angka itu semakin signifikan, dengan berbagai fitur estetik dan teknis lainnya. Memiliki ground clearance lebih tinggi 15mm agar lean angle lebih baik saat menikung. Suspensi didesain oleh Öhlins, dengan garpu hitam legam.

Sedangkan pelek forged tri-W nya produk Marchesini yang dirancang sama dengan milik Panigale S/R. Rangka belakang semuanya komplit baru dengan struktur desain lebih ringan

Sementara dudukan plat nomor kini dipasang lebih tinggi terbuat dari aluminium untuk memperlihatkan kaki kekarnya yang dihuni ban belakang berpatak lebar 200/55.

Berat Monster R tersebut 180kg, dengan fitur keselamatan seperti ABS dan DTC (Ducati Traction Control), serta fitur kenyamanan berkendara Riding Modes, dengan 3pilihan: Sport, Touring dan Urban. (Afid/Arif/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here