Ducati XDiavel, Motor Terbaik di EICMA 2015

2
Ducati-World-Premiere-2016_11
Ducati XDiavel meraih penghargaan The Best-looking Bike in Show di ajang EICMA MIlan 2015. Foto: Arif

Milan (naikmotor) – Ducati XDiavel menjadi motor paling dipilih pengunjung EICMA 2015 yang berlangsung 19-22 Nopember kemarin dalam sebuah voting oleh sebuah majalah sepeda motor berpengaruh di Italia, Motociclismo.

Ducati XDiavel, cruiser sejati keluaran Bologna yang baru diluncurkan, merebut The Best-looking Bike in Show dengan merebut 60,78% suara dari total 11.369 voting.XDiavel selain dipilih pengunjung EICMA juga divoting melalui website Motociclismo.

Penghitungan suaranya dilakukan Minggu (22/11/2015) di hari terakhir pameran dihadiri oleh Pierfrancesco Caliari (General Manager EICMA), Piero Bacchetti (Presiden dan CEO dari Edisport Editoriale), Federico Aliverti (Co-Editor in Chief Motociclismo) dan Andrea Ferraresi (Direktur Pusat Desain Ducati) yang menerima penghargaan.

XDiavel dirilis dengan konsep 5000, 60, 40. Angka 5000 menunjukan putaran rpm mesin baru bertenaga 156 hp dari Ducati Testastretta DVT 1.262 cc untuk mencapai torsi maksimum 129 Nm. Lalu angka 60, menunjukan jumlah konfigurasi ergonomis yang berbeda untuk pengendara. Dan terakhir angka 40, sudut kemiringan maksimum dicapai oleh pengendara saat bermanuver.

The XDiavel adalah yang model pertama Ducati dengan menggunakan penggerak sabuk yang menjadi suatu keharusan dalam dunia Cruiser.

XDiavel pastinya didukung oleh fitur terkini dengan Bosch Inertial Measurement Unit (IMU), yang akan mengukur sudut pitch dan roll serta kecepatan. Masukan itu akan mengatur tenaga dan attitude motor pada berbagai kondisi pengendaraan, untuk meningkatkan performa dan keselamatan berkendara.

Fitur lain Ducati Traction Control (DTC), Riding Modes, Bosch Cornering ABS, Cruise Control, Ducati Power Launch (DPL)dan berbagai perangkat elektronik cerdas lainnya. Sistem pengeremannya dilengkapi Brembo monoblock, khusus varian S dengan kaliper M50.

Sejak pertama dipamerkan di EICMA, pengunjung banyak menyerbu XDiavel yang benar-benar masuk ke ranah cruiser sesungguhnya. Dengan XDiavel, Ducati memasuki domain cruiser dan melakukannya dengan cara yang tidak ada bandingannya melalui konsep Low Speed Excitement.

Pengendaraan rileks, footpeg depan model forward control khas cruiser dipadukan dengan tenaga luar biasa merupakan terjemahan dari huruf X pada XDiavel. Kombinasi dari dua sudut pandang sebuah motor yang tampaknya terpisah di mana keduanya dicapai tanpa kompromi.

Bagaimana dengan respons pasar Indonesia terhadap motor ini? Kita lihat tahun depan bersama 8 model lainnya yang akan dirilis resmi Januari mendatang  (Arif/nm)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY