Tes Hari Pertama MotoGP Valencia, Banyak Pembalap Bergelimpangan

0
Marquez-Tercepat-Test Michelin-Valencia
Marc Marquez mencatat waktu terceat di hari pertama tes MotoGP dengan menggunakan ban Michelin di Valencia, Selasa (10/11/2015). Foto: Repsol Honda

Valencia (naikmotor) – Sesi tes pasca MotoGP 2015 yang berlangsung di Sirkuit Valencia hari Selasa (10/11/2015) kemarin, diwarnai banyak insiden. Beberapa pembalap papan atas harus merasakan sengatan aspal panas karena terlalu memaksakan performa motor mereka. Perlu diketahui bahwa kali ini para pembalap sudah menggunakan ban Michelin sebagai ban resmi MotoGP musim 2016.

Lain merek, pastinya sudah menghadirkan karakter berbeda. Hal inilah yang sedang diujicoba oleh para pembalap. Mereka mempelajari secara cara memperlakukan ban agar bisa tahu karakter ban yang sebenarnya. Lantaran jika mereka mulai bisa mengerti bagaimana karakter ban Michelin, maka potensi meraih hasil terbaik di musim 2016 sangat besar.

Insiden yang menimpa banyak pembalap di Valencia pada sesi tes tersebut, juga tak lepas dari Marc Marquez. Kendati berhasil memuncaki lap tercepat, namun Ia sebenlumnya harus merasakan gerusan aspal Valencia. Disusul oleh Crutchlow, Pol Espargaro, Aleix Espargaro, Eugene Laverty, Maverick Vinales, Alvaro Bautista, Stefan Bradl, Jack Miller, Tito Rabat dan Andre Iannone.

Selain melakukan pengetesan intensif pada ban, tim dan pembalap juga melakukan pengetesan pada ECU wajib yang bakal digunakan semua pembalap tahun 2016 nanti. Namun tidak semuanya melakukan itu. Yamaha dan Honda malah hanya melakukan pengetesan ringkas menjelang sesi tes berakhir.

Adapun wajah-wajah baru yang ikut dalam sesi tes ini hanya Esteve Rabat sebagai pembalap utama saja. Selebihnya yaitu Takuya Tsuda dan Nobuatsu Aoki adalah test rider dari Suzuki. Sedangkan pembalap yang pindah tim terdapat beberapa, yaitu Jack Miller ke tim Estrella Galicia 0,0 Marc VDS, Loris Baz ke Avintia Racing dan Scott Redding ke Pramac Racing.

Sementara tim yang berpindah pemasok motor adalah Aspar yang kembali menggunakan motor Ducati. (Spy/NM)

Hasil tes hari pertama MotoGP Valencia:
1. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) 1:31.551
2. Andrea Iannone ITA Ducati Team (Desmosedici GP15) +0.088
3. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) +0.130
4. Maverick Vinales ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR)* +0.169
5. Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) +0.216
6. Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) +0.360
7. Pol Espargaro ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) +0.386
8. Bradley Smith GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) +0.446
9. Aleix Espargaro ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) +0.454
10. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici GP15) +0.522

LEAVE A REPLY