Diorama MotoGP, Karya Kreatif Indonesia Motorcycle Diecaster di IDE 2015

0
Diorama-MotoGP-IMD-IDE-2015_2
Diorama MotoGP ditampilkan Indonesia Motorcycle Diecaster (IMD) di ajang Indonesia Diescast Expo (IDE) 2015. Foto: Afid

Jakarta (naikmotor) – Pada perhelatan Indonesia Diecast Expo (IDE) 2015 di Balai Kartini (7-8/11/2015) kemarin, ternyata ada booth yang khusus menampilkan koleksi dan custom diecast sepeda motor terutama model kompetisi seperti MotoGP. Mereka tergabung dalam Indonesia Motorcycle Diecaster atau IMD.

“Koleksi anggota berupa minatur motor dalam skala mini, dari skala 1:32 s/d 1:6. Mulai dari miniatur motor balap lokal hingga MotoGP, bahkan ada anggota bisa membuat dioramanya,” ujar Rahmat Santoso, anggota IMD mewakili teman-temannya.

Beberapa diorama MotoGP dibuat rinci yang mirip realitanya. Bahkan tak jarang pembuatnya melakukan riset dan mewawancarai tokoh balapnya. Diorama itu juga seolah catatan peristiwa penting di MotoGP.

Seperti diorama saat Marc Marquez yang terjatuh di Mugello Italia Mei 2015. Figur Marquez merupakan handmade dan berbahan resin. Atau diorama motor balap Honda RC213V Marquez yang hancur karena jatuh saat latihan di Sepang 2013. Keduanya dibuat oleh Warih, salah satu anggota IMD.

Ada juga diorama yang menjadi catatan sejarah kiprah Valentino Rossi di MotoGP. Seperti diorama yang menggambarkan ketika Valentino Rossi merayakan kemenangan pertamanya di MotoGP di Phakisa Freeway circuit, Welkom, Afrika Selatan. Rossi saat itu baru bergabung dengan tim pabrikan Yamaha.

Diorama-MotoGP-IMD-IDE-2015

Diorama dibuat oleh Ferry yang lebih dikenal sebagai Ki Propot. Karya itu tampaknya layak disebut masterpiece karena effort pembuatnya. Pasalnya, Ferry yang seorang guru sebuah SMP tengah mengalami kelumpuhan akibat stroke. Sehingga ia hanya mengandalkan satu tangannya saat merangkai diorama. Model motor Rossi pada diorama produk Minichamp, demikian juga figurnya. Diorama itu kini dimiliki oleh Rahmat.

Masih banyak lagi sebenarnya diorama atau hanya replika motor yang sejalan dengan kejadian yang pernah menghias pemberitaan media, seperti Ducati milik Matteo Guerinoni.

Komunitas yang dulu bernama KMDI itu kini memiliki anggota sekitar 5.700 orang. Mereka tersebar di seluruh Indonesia dan luar negeri seperti Malaysia, Singapura bahkan Belanda. Informasi lebih lanjut tentang IMD dan karya mereka bisa dilihat di

http://www.facebook.com/groups/IndonesiaMotorcycleDiecaster/(Afid/nm)

Diorama-MotoGP-IMD-IDE-2015_1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here