Tips Kunci Vespa: Kenapa Harus Pilih Warna Biru?

0

Tips-Kunci-Vespa
Kunci Vespa terdiri dari dua warna, kunci coklat berisi chip ‘master’ yang memungkinkan dibuat duplikatnya. Sementara kunci biru memang ‘kloning’ dan tidak bisa diduplikasi. Foto: Afid

Jakarta (naikmotor) – Jajaran produk Vespa bermesin 4 langkah, seperti LX, GTV, Yourban hingga 946, telah dilengkapi dengan kunci immobilizer.

Apa itu kunci immobilizer? ” Di dalam anak kunci telah ditanamkan chip yang memuat kode tertentu serta mesti cocok dengan ECU pada produk. Kalau tidak, mesin tak akan menyala, meski kunci stang telah bebas. Tentunya tiap-tiap kunci unit memiliki kode unik yang berbeda satu sama lain meski dalam batch produk yang sama,” ujar Fajar Setiawan, kepala bengkel dan cafe Casa da Vespa di bilangan jalan Abdul Majid Cipete,Jakarta Selatan.

Saat menerima unit, biasanya konsumen akan menerima dua anak kunci dengan bagian kepala kunci berbahan karet, satu berwarna coklat lainnya biru. Ternyata kepala kunci coklat berisi chip ‘master’ yang memungkinkan dibuat duplikatnya. Sementara kunci biru memang ‘kloning’ dan tidak bisa diduplikasi.

“Jadi sebaiknya saat menerima unit Vespa, sebaiknya kunci coklat disimpan saja di tempat aman. Sementara, untuk keseharian, gunakan kunci biru. Pasalnya karet kepala kunci jika getas, maka chip pun tak terlindung lagi bahkan bisa hilang karena jatuh atau rusak, sebut Fajar.

Nah, jika kunci coklat rusak atau hilang maka akan sulit untuk membuat duplikatnya di dealer resmi Vespa. Asal tahu saja, biaya untuk mengganti kunci master tersebut sekitar Rp 6 juta .(Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*