The 2nd Indonesia Diecast Expo 2015, Surga Pemburu Diecast

1
Indonesia-Diecast-Expo-IDE-2015
Surga untuk penggemar dan pemburu diecast tersaji di acara The 2nd Indonesia Diecast Expo (IDE) 2015 di Balai Kartini, 7-8 Nopember 2015. Foto: IDE

Jakarta (naikmotor) – The 2nd Indonesia Diecast Expo (IDE) 2015 resmi dibuka hari ini, Sabtu (11/7/2015) yang akan berlangsung hingga besok di Balai Kartini, Jakarta Selatan. Mau masuk dan berburu diecast dan menikmati beragam program lainnya? Siapkan uang Rp 25 ribu.

IDE 2015 dengan mengusung tagline It’s All About Diecast adalah pameran diecast terbesar di Indonesia yang menampilkan ribuan koleksi diecast di lebih dari seratus lapak pedagang diecast. Pameran yang didukung oleh lebih dari 60 komunitas diecast dan miniatur di Indonesia

Indonesia Diecast Expo merupakan acara tahunan para diecaster dari seluruh Indonesia. Tercatat beberapa peserta event akbar ini berasal dari komunitas diecast di luar Jawa, seperti Bali, Lampung, Kalimantan, dan Sulawesi, termasuk penggemar diecast dari luar negeri.

Ada apa saja di IDE 2015?

Display Koleksi
Indonesia Diecast Expo menampilkan koleksi diecast dari sejumlah kolektor dan komunitas yang tidak untuk dijual. Ajang ini telah didaulat oleh para kolektor dan komunitas diecast yang tersebar di seluruh penjuru tanah air sebagai forum silaturahmi tatap muka tahunan.

Kompetisi Balap Diecast
Balapan diecast skala 1:64 ini merupakan salah satu agenda wajib di Indonesia Diecast Expo. Hadiah utama yang diperebutkan oleh ribuan diecast racers dari puluhan komunitas dari seluruh Indonesia ini tidak tanggung-tanggung, satu unit motor untuk masing-masing kelas.

Hari pertama menampilkan kelas diecast khusus bermerk Hotwheels keluaran tahun 2015. Sementara pada hari kedua, semua merk diecast berskala 1:64 boleh diturunkan untuk membuktikan siapa yang tercepat meluncur di atas track almunium sepanjang 30 meter.

Kompetisi Custom Diecast
Diecast Custom Competition ini menjadi salah satu acara wajib di Indonesia Diecast Expo karena customizing merupakan dimensi yang tak terpisahkan dalam dunia diecast, sebagaimana modifikasi dalam dunia otomotif.

Bagi para “seniman” diecast, acara ini merupakan ajang pembuktian skill dan kreativitas dalam memodifikasi diecast, baik dalam hal tampilan maupun struktur. Pengunjung dapat menikmati beragam karya customizer tanah air yang dikutsertakan dalam acara ini.

Kompetisi Photo Diecast
Sebagai salah satu jenis hobi, diecast juga tidak lepas dari kegiatan fotografidi mana semua pengunjung dapat mengikuti lomba foto diecast tanpa batasan umur dan jenis kamera.

Miniatur Kereta Api
Display kereta api miniatur merupakan salah satu yang paling menyedot perhatian pengunjung karena jumlah komunitas miniatur Kereta Api dan Kereta Model di Indonesia tidak sebanyak yang lain.

Di IDE 2015 ada tiga lay out kereta api miniatur. Salah satunya berukuran 8×4 meter. Ketiga layout kereta api yang berasal dari tiga komunitas ini dipersiapkan dengan sangat matang oleh masing-masing komunitas.

Bukan cuma model kereta api dari Amerika dan Eropa, lay out kereta api miniatur ini juga menampilkan kereta api milik PT KAI yang beroperasi di Indonesia dan merupakan barang koleksi karena tidak dijual di toko mainan manapun.

Lelang Amal
Seluruh peserta Indonesia Diecast Expo telah diwajibkan oleh penyelenggara untuk mendonasikan sebagian koleksinya untuk dilelang. Jumlah yang terkumpul akan disalurkan seluruhnya kepada yayasan yang telah ditunjuk. (rls/NM)

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here