Jelang MotoGP Sepang: Honda Dominan, Rivalitas Yamaha dan Sodokan Ducati

0
Prediksi-MotoGP-Sepang-2015
MotoGP Sepang 2015 akan menghadirkan pertarungan sengit antara dominasi Honda, duel Rossi versus Lorenzo serta sodokan performa Ducati. Foto: Dorna MotoGP

Sepang (naikmotor) – Tidak dapat dipungkiri, dua musim balap terakhir, kekuatan RC213V di Sirkuit Sepang, Malaysia, rupanya tak terkejar oleh rival-rivalnya. Bukan hanya di sesi balapan, namun juga sejak sesi tes resmi pra musim MotoGP. Dimana pembalap Honda selalu mampu melakukan eksplorasi lebih baik pada motor mereka.

Namun lain waktu lain pula ceritanya. Okelah, Honda memang sangat kuat di Sepang. Namun sorotan mata masih akan tertuju pada pertarungan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Mengingat keduanya sedang bertarung meraih titel juara dunia dengan selisih poin di klasemen pembalap adalah 11 poin.

Namun jika melihat statistik sejarah pencapaian pembalap di Sepang, Valentino Rossi adalah pembalap yang paling banyak meraih kemenangan di sirkuit ini. Terhitung sejak bertarung di kelas premier GP500, Ia sudah mengantongi 6 kali kemenangan di Sirkuit Sepang. Terakhir kali Ia meraih kemenangan pada musim kompetisi 2010.

Lalu bagaimana peluangnya untuk meraih kemenangan pekan ini. Pastinya semua tergantung dari setup yang Ia aplikasi. Namun dari sisi pengelaman, Rossi tentunya sudah punya gambaran besar tentang setup yang seharusnya Ia gunakan. Mengingat pengalaman kemenangannya yang sudah seabrek. Apalagi berbicara tentang strategi balap, Ia selalu bisa memberikan yang terbaik.

Kemudian bagaimana dengan peluang Jorge Lorenzo? Tentunya pembalap yang belakangan dijuluki dengan Mr. Accurate tersebut, tak ingin menyia-nyiakan kesempatannya. Ia belum pernah meraih satu kemenangan pun di sirkuit ini selama bertarung di kelas MotoGP. Tapi target utamanya tetap finis di depan Rossi. Mengingat karakter Sepang memang tak begitu Ia kuasai.

Hal lain yang bisa mengganggu duel pembalap Yamaha tersebut adalah performa Ducati. Andrea Iannone sudah mendemonstrasikan betapa kompetitifnya Ia pada tipe sirkuit yang menyajikan zona trek lurus yang panjang. Nah, di Sepang, ada dua trek lurus yang cukup panajng. Tentunya zona ini bakal dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pembalap Ducati untuk meraih hasil terbaik.

Jelas setup terbaik, ban yang tepat, serta melakukan strategi balap yang cerdas, kunci kemenangan di sirkuit yang tricky seperti Sepang. Kuncinya adalah tak melakukan kesalahan! Jika balapan berlangsung dalam kondisi normal, Honda bakal mengambil keuntungan besar. (Spy/NM)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here