All-New Kawasaki Ninja ZX-10R 2016, H2/R Tanpa Supercharger

0
2016_Kawasaki_ZX10-R
Kawasaki ZX-10R mewarisi fitur H2/R tanpa supercharged dan juga teknologi balap di WSBK. Foto: Kawasaki

Amerika (naikmotor) – Ketika Kawasaki mengatakan motor ZX-10R memiliki pengaruh WSBK, mereka tidak bercanda. Segala teknologi dunia balap terdepannya itu kini seakan dicurahkan ke Kawasaki Ninja ZX-10R 2016. Dan diklaim sebagai sportbike berperforma tinggi, paling berfokus untuk trek, dengan homologasi balap terkini.

Model 2016, ZX-10R mewarisi banyak fitur H2/R, kecuali supercharger. Seperti sensor untuk quick shifter, fender dan ban yang sama serta sistem rem juga.

Secara desain tampak tak banyak perubahan, tetapi ternyata detailnya banyak, seperti subframe yang lebih pendek 7,5mm, sehingga titik berat mundur. Sementara swingarm lebih panjang 15,8mm, demikian juga jarak sumbu roda 12,7mm lebih melar. Karakater swingarm pun diklaim lebih kaku.

Beberapa fitur elektronik Kawasaki terkini akan diwarisi ZX-10R seperti KEBC Kawasaki Engine Braking Control, KLCM Kawasaki Launch Control Mode, KIBS Kawasaki Intelligent anti-lock Braking System, Corner Management Function, S-KTRC Sport Kawasaki Traction Control dan KQS Kawasaki Quick Shifter.

Soal mesin, model 2016, tak lagi dengan 165 daya kuda, tetapi 180daya kuda, itu untuk USA, di luar Amerika hingga 200 daya kuda. Mesin segaris 4 silinder itu telah ditingkatkan redline-nya, dan port intake serta exhaust yang lebih langsung. Chamber diperbesar, dan port exhaust titanium yang lebih besar 1mm.

Sedangkan cam intake baru dengan overlap lebih lama. Dan ternyata skirt piston pun lebih pendek, yang membuatnya lebih ringan 5 gram per piston.

Meski masih dengan bore 76mm x stroke 55mm, 16 katup, DOHC, tetapi crankshaft lebih ringan, blok mesin dan balancernya yang lebih gemuk. Sementara water jacket didesain lebih tebal mengimbangi keluaran tenaganya yang lebih besar.

ZX10-R 2016 juga ditopang suspensi Showa melalui teknologi Showa Balance Free Fork (BFF) yang merupakan versi produksi massal pertama apa yang sebelumnya dibatasi di WSBK. Suspensi ini begitu istimewa karena ada pemisahan ruang di garpu, membuat suspensi lebih konsisten dan responsif

Airbox filter tak luput diperbesar hingga 25%, tetapi permukaan saringannya diperluas 60%. Pada transmisinya, kini dengan close ratio, terutama gir 2-6 yang lebih rapat. Agar lepas cornering lebih ngacir, meski slipper clutch masih menjadi standar tetapi kini lebih ringan. Dan gir yang bersentuhan dilapisi bahan film tipis yang licin untuk mengurangi friksi.


(Afid/nm)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here