C-ITS, Kolaborasi BMW, Honda, dan Yamaha untuk Lalu Lintas Cerdas

1
C-ITS-BMW_Honda_Yamaha
Tiga pimpinan merek sepeda motor, BMW Motorrad, Yamaha dan BMW menyepakati konsorsium aplikasi Cooperative-Intelligent Transportation Systems (C-ITS) pada sepeda motor produk mereka. Foto: Yamaha

Bordeaux (naikmotor) – BMW Motorrad, Honda Motor Co. Ltd. dan Yamaha Motor Co. Ltd., telah membentuk konsorsium untuk mengembangkan aplikasi Cooperative-Intelligent Transportation Systems (C-ITS) pada sepeda motor produk mereka.

Kolaborasi yang dinamakan Connected Motorcycle Consortium telah ditanda tangani bersama saat ITS World Congress di Bordeaux, Perancis, 6 Oktober 2015 lalu. C-ITS akan diterapkan mulai 2020 mendatang. ITS sendiri telah digagungkan olwh banyak anggota ACEM, association of European motorcycle manufacturer sejak tahun lalu.

Tujuan C-ITS adalah untuk meningkatkan keselamatan berkendara, keamanan dan efisiensi. ITS akan mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi pada infrastruktur transportasi, kendaraan dan pengendara/pengguna lalu lintas.

Aplikasi berbasis GPS dengan informasi lalu lintas real time, akan mampu memberikan alternatif rute jika jalan di depan penggunanya macet. Pada lingkup yang lebih kecil, antara kendaraan bisa saling bertukar informasi mengenai rute/lajur agar bisa bermanuver aman di tengah lalu lintas kota yang padat.

Ketiga pabrikan sebenarnya telah berpengalaman dalam soal uji koneksi antar kendaraan di beberapa wilayah Eropa. Meski sistem ITS untuk sepeda motor akan berbeda dengan mobil, sebab, sistem elektronikanya harus lebih kompak dan tahan air, debu serta getaran. (Afid/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here