Kustomfest 2015: Dorong Ekonomi Kreatif Mendunia

0

Opening-Kustomfest-2015
Opening Kustomfest 2015 turut dihadiri Yaniv Evan dari Powerplant Motorcycles, Yanif Kaichiroh Kurosu – Cherry’s Company, Yuichi Yoshizawa – Custom Works Zon, Shige Suganuma – Mooneyes Inc. Foto: Arif

Yogyakarta (naikmotor) – Festival kustom kulture terbesar di Indonesia, Kustomfest 2015 resmi dibuka hari ini, Sabtu (3/10/2015) di JEC Hall Yogyakarta dihadiri Dr.Ir Didik Purwadi, asisten perekonomian pembangunan Provinsi DIY, Arya Nugrahadi dari dinas pariwisata serta KPH Purbodiningrat, penasehat Kustoomfest.

Dalam sambutannya, Didik Purwadi mengatakan sangat mengapresiasi Kustomfest 2015 yang mampu menjadi agenda tahunan secara konsisten.” Kami bangga dengan kreatif anak muda Yogya seperti di Kustomfest yang telah mampu mengundang bantyak tamu dari berbagai negara di dunia. Harapan kami kepada Mas Lulut untuk bisa membuat produk khusus dari sini untuk bisa dinikmati masyarakat lainnya,” jelas Didik.

Sementara Lulut Wahyudi, direktur Kustomfest mengatakan, sesuai tema Showin’ Soul, diharapkan akan muncul karya-karya baru yang menonjolkan nilai-nilai apresiasi dan nilai respect.

“ Banyak tamu-tamu dari luar negeri yang kami undang merasa kagum dengan karya-karya kita. Salah satu tujuan kita memang mengedukasi para builder untuk bisa berkarya dengan level yang tinggi setiap tahunnya. Kita menyeleksi sangat ketat dan 132 yang kita tidak loloskan dengan banyak pertimbangan. Intinya kita mencari kualitas bukan kuantitas,” tegas Lulut.

Dalam kontes yang digelar Kustomfest diikuti 150 kontestan dari berbagai daerah di Indonesia setelah melewati proses scrutineering ketat. Pembukaan Kustomfest 2015 dihadiri oleh beberapa pelaku industri kustom kulture dunia seperti Yaniv Evan dari Powerplant Motorcycles, Yanif Kaichiroh Kurosu – Cherry’s Company, Yuichi Yoshizawa – Custom Works Zon, Shige Suganuma – Mooneyes Inc.

Mereka secara resmi meluncurkan Jaran Kore, BMW R65 1978 custom scrambler karya Retro Classic Cycles yang telah diujicoba ke Gunung Merapi oleh stuntrider, Wawan Tembong sebagai hadiah lucky draw pengunjung.

Kustomfest 2015 menghadirkan bermacam pertunjukan karya kustom terbaik seperti Kustom Bike Show, Hot Rod & Kustom Car Show, Kustom Paint Battle , Kustom Art & Klasik Island , Vendor Booth, Body Art Show, Kustom Bicycle & Pedal Car , Junkyard Festival , Diecast Show, Stunt Rider Show, Helmet Kustom Paint Kontest , Photo Kontest , BMX Kontest, Kustom Kulture Foodfest.

Selain itu digelar pula Powerplant Motorcycles Challenge ! Kustomfest 2015 – Zeneos. Program ini merupakan sebuah kompetisi untuk melakukan rancang bangun motor kustom dengan aliran Café Racer yang mengacu pada rancangan sketsa salah satu icon kustom dunia, yaitu Yaniv Evan dari Powerplant Motorcycles, USA.

Pemenang dari kompetisi ini nantinya akan diberangkatkan untuk menyaksikan gelaran prestisius 24th Annual Mooneyes – Yokohama Hot Rod Custom Show, yang akan berlangsung pada 6 Desember 2015 mendatang di Jepang.

Salah satu progam baru yang akan hadir adalah Café Racer Day, sebuah program tematik yang diperuntukkan khusus untuk karya motor kustom dengan aliran Café Racer yang akan didukung sepenuhnya oleh Suryanation. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

*