Jelang MotoGP Aragon: Sirkuit Masih Untungkan Honda, Rossi Nihil Kemenangan!

0
Prediksi-MotoGP-Aragon-2015
Sirkuit Motorland Aragon di Spanyol memiliki sejarah menguntungkan bagi rider MotoGP Honda sejak 2011, namun direbut Jorge Lorenzo tahun 2014 dengan strategi pitstop saat pertengahan lomba diguyur hujan. Foto: Repsol Honda

Aragon (naikmotor) – Sirkuit Motorland Aragon di Spanyol, memang punya sejarah menguntungkan bagi rider Honda di kelas MotoGP. Sejak MotoGP digelar di sirkuit dengan karakter landscape sangat menantang itu, Casey Stoner menjadi pembalap tersukses meraih kemenangan di sana.

Bayangkan saja, Ia masih mampu meraih kemenangan bersama tim Ducati di musim terakhirnya dan kemudian meraih kemenangan di tahun pertamanya bersama tim Repsol Honda 2011 lalu. Sementara dalam tiga tahun terakhir, Honda masih tetap dominan dengan kemenangan Dani Pedrosa di 2012 dan Marc Marquez di tahun 2013.

Sementara Jorge Lorenzo juga membukukan kemenangan pada kondisi trek yang basah pada musim 2014. Kemenangan ini tidak lebih karena strategi pit stop yang dilakukan pembalap asal Spanyol itu, mengingat jalannya balapan diawali dengan kondisi trek kering. Kemudian pada pertengahan balap, hujan tiba-tiba mengguyur sirkuit.

Hal yang paling unik adalah Valentino Rossi yang merupakan pembalap kawakan yang sedang memimpin klasemen pembalap sementara tahun ini, masih nihil kemenangan di sirkuit tersebut. Tahun lalu kesempatan untuk bertarung meraih kemenangan juga buyar setelah Ia mengalami insiden terjatuh karena Ia melakukan pengereman pinggir lintasan yang cukup lembab.

Lalu pembalap mana yang akan meraih keuntungan tahun ini? Jika berbicara statistik dan kekuatan performa motor dan karakternya, Honda masih cukup di untungkan. Terdapat beberapa zona pengereman berat, dimana itu merupakan kekuatan dari Honda. Apalagi dari sisi sejarah, juga memperlihatkan bahwa Honda memang meraih kemenangan paling dominan pada kondisi trek normal.

Sementara duo Yamaha yaitu Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, tahun ini tentunya bakal memberikan yang terbaik. Apalagi jika kondisi trek Aragon diprediksi labil seperti yang terjadi di MotoGP 2014 lalu. Jika kondisinya hujan, banyak yang menganggap bahwa Rossi punya paket terbaik yang sudah terbukti di beberapa race tahun ini. Apalagi Aragon juga menawarkan beberaa spot high speed corner dan dua chicane di landscape menurun.

Namun jika balapan berlangsung dalam trek kering, persaingan besar diprediksi bakal terjadi antara Honda dan Yamaha. Pastinya empat nama yang diprediksi bakal bertarung di urutan terdepan masih seputar Jorge Lorenzo, Marc Marquez, Valentino Rossi dan Dani Pedrosa. (Spy/NM)

LEAVE A REPLY