Motor Baru Husqvarna Supermoto FS450 2016 Terkena Diet

0
Husqvarna-FS-450-supermoto-2016
Husqvarna Supermoto FS450 2016 dirancang lebih enteng dan ramping dengan pengurangan bobot pada mesin dan rangka. Foto: Husqvarna

Swedia (naikmotor) – Penggila supermoto dihadapkan pada pilihan baru Husqvarna FS450 2016 yang tampil berbeda dibandingkan pendahulunya.

Paling tidak model yang mulai dipasarkan pertengahan September ini tampak lebih langsing dibandingkan pendahulunya dengan bobotnya kini sekitar 105 kg.

Husqvarna menyadari para penggemar motor dua medan tentu membutuhkan sosok yang lincah dan enteng. Karena itu mereka mereduksi beberapa bobot di titik penting, mulai mesin hingga rangka

Pengurangan berat itu dicapai karena rangka kini berbahan baja chromium molybdenum. Walaupun mesin SOHC 450cc-nya tetap menghasilkan 63 daya kuda. Dan itu berarti power to weight ratio yang dihasilkannya lebih baik. Pengurangan berat itu masih berlanjut pada suspensi WP yang lebih ringan 380gram.

Subframe pun tak ketinggalan katena sekarang lebih pendek, dan sepertiga konstruksinya berbahan komposit serat karbon dengan berat hanya 1,4kg. Selanjutnya swingarm yang lebih ringan 1/4kg tetapi soal kekuatannya diklaim sama dengan model 2015.

Pada bagian blok mesin pun tak luput terkena diet, kini beratnya berkurang 1,8kg yang tetap transmisi 5-percepatan dengan slipper clutch produk Adler Power Torque Clutch (APTC). (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here