Motor Off-road Baru 2016, Christini AWD Military Edition 450DS

1
Christini-AWD-450-Military-Right
Christini AWD Military Edition 2016 450DS, motor off-road bergaya militer yang memiliki performa tinggi untuk kebutuhan luar ruang dengan penggerak roda 2×2. Foto: Christini

North Carolina (naikmotor) – Sepeda motor untuk keperluan militer kebanyakan tak bisa dimiliki oleh masyarakat umum. Informasinya pun terbatas, bahkan tidak untuk konsumsi publik.

Tetapi berbeda Christini AWD Military Edition 2016, meski dengan keperluan pertahanan tetapi Christini menyediakan varian untuk keperluan sipil, seperti untuk berburu atau petualangan off-road.

Bahkan Christini bersama partner-nya James King telah membentuk Tactical Mobilty Training, sebuah program latihan untuk tentara Amerika setingkat resimen. Program itu untuk memperkenalkan dan melatih penggunaan sepeda motor AWD Christini. Program terbuka juga untuk polisi, pemadam kebakaran, penjaga hutan bahkan pemburu.

Tentu program sekaligus mwmperkenalkan sepeda motor produk terbaru, Christini AWD 450 E atau bisa disebut sebagai 450 Dual Sport (DS) 2016. Uniknya, motor juga kelak sebagai basis pelatihan berkendara di medan sulit selain kendaraan lainnya ATV atau UTV.

450DS sendiri terlihat lebih mirip dirt bike, dengan ban depan 21 inci dan belakang 18 inci. Namun dengan desain yang memudahkan perawatan di lapangan, seperti tangki yang mudah dilepas agar akses ke mesin mudah. Bahkan ban diisi dengan karet busa agar tetap berfungsi meski bocor terkena tembakan.

Pada sasis twin spar-nya terlihat banyak kait pada bagian depan untuk menempatkan shaft, gir dan rantai penggerak roda depan.

Selain itu, fitur sistem geraknya tentu berbeda dengan sepeda motor biasa. Christini lebih suka menyebutnya sebagai All Wheel Drive (AWD) daripada 2×2. Sebab roda depannya menggunakan sproket power take off atau PTO, dengan ukuran hanya 80 persennya dibanding sproket roda belakang.

Dan torsi yang disalurkan ke roda depan diatur oleh kopling otomatis. Ketika roda belakang kehilangan traksi dan berputar slip maka kopling akan segera menyalurkan torsi ke roda depan, agar motor terbebas dari kondisi stuck. (Afid/nm)

Spesifikasi Christini AWD 450DS
Mesin silinder tunggal 4langkah, berpendingin cairan
Kapasitas 450cc
Bore 96mm x stroke 62,1 mm
Rasio kompresi 11:1
Induksi bahan bakar karburatir Keihin 40mm atau Christini EFI
Kopling mekanikal
Knaloot aluminium dengan peredam serat karbon
Transmisi manual 5percepatan
Penggerak akhir 13:50 mata
AWD 9:16 mata
Rangka aluminium twin spar
Suspensi depan    WP Upside Down 4CS 48 mm sealed cartridge forks, spring preload/sag, high and low speed compression, rebound and damping adjustability
Suspensi belakang ELKA Stage 5 Shock with Linkage
Rem depan Nissin Single Disc 240 mm dengan kaliper dual-piston
Rem belakang Nissin Single Disc 240 mm
Ban depan    80/100-21, Kenda Tire
Ban belakang 110/100-18, Kenda Tire

Wheelbase:    1.499mm
Tinggi jok    960mm
Berat 126kg
Tangki 8,7liter cadangan 5,7liter

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here