Fitur Mesin Baru Motor KTM Duke 690 2016 Minim Getaran

0
2016-KTM-Duke-690_1
KTM akan merilis generasi anyar KTM Duke 690 dengan fitur mesin baru yang minim getaran di ajang EICMA Show Milan, Nopember mendatang. Foto: KTM

Austria (naikmotor) – Pabrikan sepeda motor Austria KTM memperkenalkan generasi baru Duke 690, dengan mesin yang kini mengalami perubahan signifikan berkarakter sport namun minim vibrasi.

Mesin baru itu lebih lebar tetapi lebih pendek langkah pistonnya. Mesin kini berkapasitas 693cc, naik sekitar 3cc. Tenaganya kini 73 hp dan torsi naik 6%, tetapi tenaga puncak baru diraih pada 8.500 rpm, lebih tinggi 1.000 rpm dibandingkan generasi pendahulunya.

Meski katup mesin diperbesar juga, tetapi KTM mengakalinya dengan desain cylinder head yang lebih kompak. Dan mesin diklaim lebih ramah lingkungan karena memenuhi standar emisi Euro4.

Seperti model street KTM lainnya Duke 690 generasi baru dilengkapi 3 mode pengendaraan, yakni sport, street dan rain. Pengendara bisa memilihnya dengan menekan tombol switch pada handle bar bagian kiri.

Fitur terbaru Duke 690 adalah ABS produk Bosch terbaru, 9M+ yang bisa dinonaktifkan. Tetapi kontrol traksi kini hanya opsional saja. Selain itu, layar TFT yang menampilkan semua indikasi pun dengan settingan baru. Ubahan lain pada geometri suspensi depan dengan trail lebih panjang 4mm.

Kemunculan KTM Duke 690 2016 di EICMA Nopember mendatang di Milan, Italia, akan diikuti dengan versi R yang memilki fitur premium dengan knalpot Akrapovic, suspensi depan dan belakang adjustable serta tampilan lebih sporty.

Ada kabar lain soal Duke 690 generasi baru ini, yaitu akan menjadi platform bagi Duke 800 dan supermoto/enduro 701 mendatang. Kemunculan Duke 690 ini akan menjadi rival seperti Yamaha MT-07, Ducati Scrambler dan Kawasaki Ninja 650. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here