Siapa ITDC? Inisiator Penyelenggara MotoGP 2021 di Mandalika

0
256
ITDC
Foto: IG/sea.infra

NaikMotor – Indonesia dikabarkan bakal menyelenggarakan MotoGP 2021 di Mandalika, Lombok, NTB. Kontraknya diteken antara Dorna Sport dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) . Lantas siapa itu ITDC?

Banyak yang belum tahu bawah ITDC merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). ITDC merupakan nama bahasa Inggris, sedangkan nama lokalnya yaitu PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero).

Mengutip laman resmi www.itdc.co.id, ITDC merupakan BUMN yang memiliki lini bisnis membangun dan mengembangkan kawasan pariwisata di Indonesia. Selama 45 tahun ITDC telah membangun dan mengelola Nusa Dua, di Bali Selatan.

motogp 2021

ITDC merupakan inisiator dari pembangunan insfrastruktur serta fasilitas akomodasi yang menghasilkan pertemuan berstandar internasional, seperti APEC 2013, Bali Democratic Forum, Miss World 2013, dan IMF-WBG Annual Meetings 2018.

Inisiasi mendirikan sirkuit di Mandalika, Lombok, NTB, pun sejalan dengan strategi pemerintah mengangkat sektor pariwisata menjadi sumber devisa utama negara melalui peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Hingga munculah gagasan mengadakan MotoGP 2021 di areal elok itu.

ITDC ditugaskan untuk mengembangkan kawasan pariwisata di luar Bali. Melalui PP Nomor 50 Tahun 2008 dan PP Nomor 33 Tahun 2009, ITDC memperoleh hak untuk mengembangkan dan mengelola Mandalika dengan luas 1.175 hektar.

Mandalika merupakan satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas yang ditetapkan Pemerintah untuk dikembangkan menjadi ‘Bali Baru’, dan resmi beroperasi sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata sejak 2017.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*