Cihuyyy… Indonesia Gelar MotoGP Pada 2021 di Mandalika Lombok

0
51
mandalika / FIM Membentuk Selection Committee
FIM membentuk Selection Committee untuk menentukan pembalap pengganti di MotoGP. Foto: dorna motogp

NaikMotor – Naik turun kabar Indonesia yang ingin menggelar balapan MotoGP menemui titik terang. Indonesia disebut telah menandatangi kontrak dengan Dorna Sport untuk menyelenggarakan MotoGP dengan lokasi di sirkuit berkonsep jalanan di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Abdulbar M. Mansoer, Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengatakan pihaknya telah menandatangani Promoter’s Agreement dengan Dorna Sport untuk menjadi tuan rumah MotoGP di 2021.

“Kami mempunyai kepastian untuk menggelar pada 2021 di Indonesia, karena kami satu-satunya yang sudah tandatangan Promotor’s Agremeent dengan Dorna Sport SL,” kata Mansoer mengutip CNNIndonesia, Kamis (21/2/2019).

Mensoer mengatakan ITDC telah menandatangi kontrak selama tiga musim mulai tahun 2021-2023. Sirkuit yang jadi perhelatan balap motor paling popular di dunia itu ialah sirkuit baru di Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Rossi Tetap Tidak Puas Kinerja M1 di MotoGP 2018 Thailand
Foto: autosport

“Indonesia menjadi venue ke-21, rangkaian balap MotoGP dalam setahun, dan satu-satunya yang berkonsep Street Race Circuit. Sebelumnya, kami berkompetisi dengan calon penyelenggara dari Brasil,” kata Mansoer.

Pembangunan sirkuit akan dimulai pada kuartal ketiga tahun ini (Juli). Pembangunan membutuhkan waktu selama setahun. Sirkuit memiliki panjang 4,32 kilometer dengan 18 tikungan, dan berjenis sirkuit jalan raya seperti di Singapura dan Monaco.

Mansoer mengatakan desain sirkuitnya sudah ada dan sudah disetujui Dorna Sport. Namun siapa yang mendesain tidak dijelaskan. Hanya saja sirkuit ipastikan akan punya pemandangan spektakuler kelas dunia.

“Kami hanya membangun jalan dasar dan kawasan, sedangkan Street Circuit, Paddock dan perangkat balap lainnya oleh Vinci sebagai co-investor. Untuk membangun sirkuit ini membutuhkan sekitar 40-50 juta dolar,” katanya.(Agl/nm)

Asal jangan PHP lagi ya…

LEAVE A REPLY

*