8 Hours of Sepang: F1 Hilang, Gantinya Balap Ketahanan Dunia 8 Jam

0
Balap Ketahanan Dunia 8 Jam
Sebelum Suzuka 8 Hours di Sepang digelar Seri Ketahanan 8 Hours of Sepang. Foto: FIM EWC

NaikMotor – Terakhir ajang balapan mobil Formula 1 diadakan di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 2017. Penggantinya, Desember 2019 nanti Sepang siap gelar seri balap ketahanan dunia 8 Jam bertajuk 8 Hours of Sepang.

Salah satu seri FIM Endurance World Championship (EWC) musim 2019-2020 akan berlangsung di Sepang. Sehingga balapan ketahanan dunia itu untuk pertama kalinya digelar dua kali di Asia, selain Suzuka 8 Hours.

Rencananya, Sepang masuk kalender balapan ketahanan dunia 2019-2020 yang akan digelar pada 13-15 Desember 2019. Untuk pertama kalinya pula FIM EWC digelar di musim dingin sebagai hasil restrukturisasi Eurosport Events.

Sepang siap gelar seri balap ketahanan dunia 8 jam bertajuk 8 Hours of Sepang yang akan menjadi event ‘kualifikasi’ bagi tim Asia Tenggara sebelum final di Suzuka. Dengan format mirip Suzuka, akan ada Superpole Top10 Trial, dan finis setelah malam berlalu.

Malaysia sendiri telah mengikuti Suzuka 8 Hours tahun lalu dengan Pembalap Zaqhwan Zaidi bersama dengan Andi Gilang dan Troy Herfoss dari Australia di Honda Asia-Dream Racing Team dan mendapat posisi ketujuh. Tim ini akan bersaing sekali lagi dalam seri EW musim 2019-2020. Tentunya dengan adanya seri Sepang akan lebih banyak Pembalap Malaysia yang berpartisipasi.

Direktur Eksekutif SIC, Dato Razlan Razali menyatakan, ”Dengan tidak lagi event F1 di Malaysia, kami telah ditugaskan untuk menggantikannya dengan acara bertaraf dunia yang lain yang akan dimasukkan dalam kalendar tahunan kami. Setelah melalui pengajuan dan pengkajian, FIM EWC dan FIA WTCR merupakan dua acara pilihan pilihan teratas, kedua-duanya dikendalikan oleh Eurosports Events.

Sementara tim Malaysia sendiri, Razlan mengatakan bahwa mereka akan menyertakan para Pembalap Petronas Yamaha Sepang Racing Team yang baru diluncurkan, bersama dengan Khairul Idham Pawi dari pasukan Petronas Sprinta Racing Team. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here