Suzuki Bermesin Terbalik Dipatenkan, Kabarnya Agar Motor Stabil

0
4445
Suzuki Bermesin Terbalik
Patent layout mesin terbalik milik Suzuki bocor. Foto: cycleworld

NaikMotor – Ada dokumen paten yang bocor, isinya tidak biasa. Sebab tentang Suzuki bermesin terbalik yang dipatenkan minggu lalu.

Paten itu memang terdaftar di Kantor Patent Jepang, berisikan tentang layout mesin yang tidak biasa. Dalam dokumen tampak sketsa semua bagian mesin dan transmisi dibalik posisinya. Suzuki bermesin terbalik itu memang diposisikan menghadap berbalikan arah dengan umumnya posisi mesin motor ‘normal’.

Berbeda dengan mesin BMW Motorrad G310R, yang hanya posisi silinder yang miring ke arah belakang, termasuk posisi knalpot dan intake. Posisi mesin Suzuki yang dipatenkan itu tampak dengan silinder yang horizontal sejajar dengan toptube rangka.

Sedangkan transmisi seperti tengadah. Seperti gambar yang diflip. Kini knalpot malah di posisikan di bagian mesin yang menghadap ke bawah dengan silencer menggantung.

Masih menurut dokumen bocor itu, keuntungan dari desain demikian adalah wheelbase bisa lebih pendek. Sedangkan swing arm bisa lebih panjang. Hasilnya, motor akan lebih stabil dalam handling. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*