Ganteng! Rebuilt Honda XL125S ‘Hadiah Buat Sang Ayah’

0
195
Honda XL125S
Honda XL125S punya sang ayah di rebuilt lagi dengan konsep HRC Tricolor. Foto: Istimewa/ Helltrust_pictures

NaikMotor – Punya Honda XL125S saja sudah harta karun buat pecinta motor trail klasik. Apalagi ditambah motor tersebut merupakan warisan sang ayah yang dulunya pembalap motocross tahun 70’an.

“Ini motor papa saya Honda XL 1977. Sekitar 10 tahun lalu (2009) motor ini pernah direstorasi tapi biasa saja. Sekarang saya rebuilt lagi dengan gaya klasik. Motor ini hadiah buat papa,” buka Susanto Gunawan.

Honda XL125S
Foto: Speedking Motorcycle/ Helltrust_pictures

Yank panggilan Susanto pun putar otak supaya motor warisan sang ayah bisa tampil keren lagi. Konsepnya tidak jauh dari klasik trail, tapi dibuat lebih centil menggunakan livery kebanggaan Honda yakni HRC ‘Tricolor.’

“Saya rebuilt lagi dengan konsep HRC. Pemilihan warna ini supaya lebih eye catching dan karena masih jarang. Kebanyakan orang kalau bangun XL biasanya merah,” kata Yank yang hobinya nge-gym.

Honda XL125S
Foto: Speedking Motorcycle/ Helltrust_pictures

Bukan tanpa sebab HRC Tricolor sangat identik motocross. Livery merah biru putih ini merupakan warna legenda Honda yang berasal dari jersey kebanggaan Marty Smith dan Pierre Karsmakers di Honda American pada 1973.

Pengerjaan dilakukan di workshopnya sendiri yakni Speedking Motorcycle. Ubahannya fork depan, setang dan tromol depan belakang pakai Suzuki TS 125. Sementara parts asli XL yakni tangki, lampu belakang dan lampu sein.

Honda XL125S
Knalpot Honda CB simpanan sang ayah yang umurnya sudah 45 tahun. Foto: Speedking Motorcycle/ Helltrust_pictures

Karena sulit didapat Yank membuat sendiri bagian side cover kiri kanan dibuat dari fiber dengan bentuk mirip side cover aslinya. Sedangkan jok disesuaikan dengan konsep awal yakni vintage trail.

“Kesulitan pencarian parts XL jadi ada beberapa dikanibal. Kenapa pilih TS karena part-nya masih made in Japan dan masih tersedia di pasaran. Selain itu juga sesuai dengan konsepnya,” jelasnya.

Honda XL125S
Foto: Speedking Motorcycle/ Helltrust_pictures

Parts terkumpul, cat sudah kelar motor pun selesai. Tapi masih ada satu kejutan, Yank memakai komponen yang tak kalah jadul dari motornya yakni knalpot simpanan sang ayah, yang bahkan lebih tua dari umurnya sendiri.

“Papa senang banget. Knalpot itu simpenan punya dia. Udah 45 tahun dia simpan, sebelum saya lahir. Itu knalpot untuk Honda CB. Papa beli di Acay Motor Bandung, waktu itu masih ortunya Frans Tanujaya,” kata Yank.(Agl/nm)

Data Modifkasi Honda XL125S

Fork Depan: Suzuki TS 125
Tromol: Suzuki TS 125
Setang: Suzuki TS 125
Velg: TK
Ban: Kenda
Knalpot: Stock
Fender Depan: Honda XL125S
Lampu rem Belakang: Honda XL125S
Sein : Honda XL125S
Jok : Kustom

LEAVE A REPLY

*