Walah, Laba H-D 2018 Anjlok Gara-gara Kebijakan Trump

0
Laba H-D 2018 Anjlok
Kehadiran Harley-Davidson Livewire ternyata tak membuat kaum milenial tertarik. Foto: H-D

NaikMotor – Kinerja pabrikan dari Milwaukee (H-D) menurun di tahun 2018. Laba H-D 2018 anjlok ditengarai akibat kebijakan Presiden AS Donald Trump.

Menurut media Bloomberg, perang tarif yang dilancarkan Trump telah membuat penjualan produk Amerika turun di Eropa. Harley-Davidson dalam pernyataan resminya menyebutkan pendapatan telah turun 17% tahun lalu.

Akibat perang tarif itu H-D tahun lalu langsung berencana memindahkan fasilitas perakitan ke luar Amerika, seperti ke Thailand. Meski rencana itu mendapat kecaman dari Trump juga.

Turunnya penjualan unit H-D mencapai puncaknya di Desember 2018 yang turun 10% dibandingkan tahun sebelumnya. Meski Chief Executive Officer H-D, Matt Levatich hanya menyebut akibat gagalnya menarik perhatian kaum milenial, meski telah menawarkan Livewire.

Keterpurukan H-D diperparah dengan turunnya saham di bursa New York, sebesar 9,5%.Penurunan terbesar sejak Januari 2018.

Sementara Penjualan unit telah turun di Eropa dan Asia, sehingga secara global, serapan unit H-D turun 6,7%. Turut membuat Laba H-D 2018 anjlok.

Tahun 2019, H-D akan menyegerakan invesasi di Thailand yang diharapkan segera mengisi pasar Eropa dan Cina. Investasi baru itu akan mengambil alih pasar H-D sebesar 42% pada 2027.

Meski rencana investasi di luar Amerika itu masih dalam ancaman Trump, yang berencana akan melakukan boycott pada rencana H-D. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here