Terabas Musim Hujan, Jangan Lupakan 4 Peralatan Ini

0
34
Periksa Ketebalan TWI
BMKG memperkirakan Indonesia dalam seminggu ini akan diterpa cuaca ekstrem. Foto: Dok.NMC

NaikMotor – Musim hujan telah tiba, buat pengendara motor sebaiknya mempersiapkan diri menghadapi musim ini. Hujan memang berkah, tapi kalau tanpa persiapan tinggal tunggu penyakit yang menghadang.

Untuk pengendara motor ada beberapa peralatan yang mesti ada di motor. Peralatan ini merupakan kunci untuk melibas ujan, genangan air, atau hal-hal yang biasa di temui di jalan saat kondisi hujan dan becekan.

Musim Hujan
Foto : Instagram @tugasnegarabos

1. Jas Hujan
Klasik tapi terpenting adalah jas hujan. Jas hujan yang sebetulnya merupakan jaket anti air akan melindungi tubuh saat turunnya hujan. Badan tetap kering sehingga suhu tubuh juga terjaga alias tetap hangat.

Kalian bisa saja berhenti saat hujan, tapi strategi ‘niup’ tidak efektif. Buat di kota besar yang sibuk dan menuntut waktu, jas hujan adalah keharusan. Apalagi kalau hujan pagi hari tapi harus berangkat sekolah atau kerja.

Kebiasaan berhenti menunggu waktu hujan di underpass juga tidak disarankan. Menurut Jusri Puluhbuhu, founder JDDC seorang rider harus mengerti medan yang dilalui dan kebiasaan berhenti di underpass menunjukkan rider yang kurang pemahaman.

Pilih jas hujan two pieces atau terbagi dua yakni jaket dan celana panjang. Hindari jas hujan berbentuk ponco. Tentunya tak pelu diingatkan bagaimana ponco berbahaya, terutama buat boncenger.

Musim Hujan
Sepatu bot militer dari Bates Footwear Bomber. Foto: Istimewa

2. Sepatu Bot
Pengertian sepatu bot di sini ialah sepatu tahan air, dan biasanya berbentuk bot. Sering terjadi pemotor waktu hujan justru mengganti sepatu mereka menggunakan sendal jepit. Hal ini sangat berbahaya.

Ketika kaki kedinginan kaki akan terasa kaku. Buat pengendara motor bebek atau sport, resiko memakai sendal jepit lebih tinggi lagi. Karena sendal jepit cenderung lebih licin saat di footstep.

Sendal jepit juga tidak mampu melindungi kaki dari bahaya benturan. Di pasaran banyak sekarang sepatu riding ataupun bot yang sudah anti air. Pilih sesuai selera dan kocek Anda tentunya.

Musim Hujan
Cairan penetrant seperti WD-40 sebenarnya memiliki 2.000 fungsi, tetapi untuk pemotor cukup 5 fungsi penting dahulu. Foto: Afid

3. Penetrant
Cairan penetrant merupakan cairan serbaguna. Di pasaran cairan ini terkenal dengan berbagai merek. Cairan ini bisa digunakan untuk anti karat, pelumasan sementara serta mencegah kelembapan dan arus pendek di kelistrikan.

Gunakan penetrant di tempat-tempat yang sekiranya paling sering bersingggungan dengan air, seperti di as roda, rantai motor, segala konekting kabel, dan engsel-engsel seperti tuas rem, lengan rem belakang, standar motor dll.

Semprotkan penetrant sebelum berangkat. Tidak perlu terlalu banyak tapi pilih tempat yang akan disemprot dengan teliti. Mesti diingat penetran adalah pencegah, dan mencegah lebih baik daripada mengobati.

Musim Hujan
Foto: wellgoods.com.cy

4. Tool Kit
Peralatan standar mulai kunci pas hingga kunci busi. Kunci pas mulai ukuran 10, 12, 14 dan 17. Kunci busi serta obeng plus minus. Sama seperti jas ujan, tools adalah peralatan klasik tapi penting karena di jalan apapun bisa terjadi.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*