Terganggu Jawa, Penjualan Royal Enfield Menurun di Akhir 2018, Ini Kata Analis

0
217
Penjualan Royal Enfield Menurun di Akhir 2018
Kehadiran Jawa telah menggangu penjualan Royal Enfield sehingga menurun di akhir 2018. Foto: Jawa

NaikMotor – Rupanya kehadiran produk sesama retro mulai menggangu pasar produk Eicher Motors. Akibatnya, penjualan Royal Enfield menurun di akhir 2018.

Motor Jawa memang baru diluncurkan pertengahan November lalu, namun efeknya langsung terasa, penjualan Royal Enfield menurun di akhir 2018. Padahal sebelum kehadiran Jawa, Royal Enfield adalah motor retro, dan retro adalah Royal Enfield di India.

Namun menurut laporan Eicher, penjualan Royal Enfield telah menurun di bulan Desember 2018 lalu sebesar 7,5%. Padahal selama ini produk yang bermula dari Inggris itu memiliki jargon sebagai produk less cost dan value for money.

Sementara jika dibandingkan terhadap periode yang sama tahun lalu, penjualan Desember 2018 menurun 13%. Atau tercatat 58.278 unit terhadap Desember 2017 ketika itu terjual 66.968 unit.

Perkiraan analis yang dikutip Livemint menyebutkan, berkurangnya pemesanan sepeda motor boleh jadi dikarenakan biaya kepemilikan makin tinggi. Sementara mandatory komponen sepeda motor makin banyak seperti ABS, perangkat rem cakram, standar emisi meningkat dan asuransi telah membuat sepeda motor menjadi mahal. Tetapi kemudian motor Jawa hadir sebagai alternatif yang reasonable. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*