Inovasi yang Membuat Bersepeda Motor Berubah di Tahun 2018

0
Inovasi yang Menonjol Selama 2018
BMW Motorrad R1200GS Driverless menjadi salah satu inovasi yang menonjol selama 2018. Foto:BMW Motorrad

NaikMotor – Teknologi memungkinan inovasi pada sepeda motor akan mengubah cara kita berkendara di masa depan. Ini beberapa inovasi yang menonjol selama 2018.

Rangka sepeda motor telah menjadi backbone sebuah sepeda motor. Jika dahulu pembuatan cukup rumit dengan pengelasan pada berbagai titik agar fungsi sebagai penahan beban utama dan penyerap getaran optimal.

Tetapi BMW Motorrad telah berhasil membuat rangka dan swingarm sepeda motor yang dibuat secara 3D Print. Rangka skeletal itu bahkan telah diterapkan pada BMW Motorrad S1000RR.

Inovasi yang menonjol selama 2018 lainnya adalah roket samping Bosch. Ide cukup nyeleneh itu akan membuat motor bisa menikung dengan cepat di segala permukaan jalan. Meski tikungan itu licin semburan jet ke arah samping akan membat motor pada jalurnya.

Adaptive Cruise Control KTM ini masih konsep belum diterapkan pada produk massal. Aplikasi kontrol kecepatan yang bisa menyesuaikan dengan kendaraan di depan itu juga dilengkapi peringatan blind spot. KTM menerapkannya untuk 1290 Super Adventure S.

MV Agusta tidak ketinggalan di pertengahan 2018 mencoba menampilkan kemudahan pengendaraan pada model adventurenya, Turismo Veloce Lusso SCS. MV Agusta menerapkan kopling produk Rekluse agar perpindahan gir tidak harus dengan menarik tuas kopling, layaknya pada underbone (motor bebek).

Inovasi yang Menonjol Selama 2018

Inovasi yang menonjol selama 2018 dan membuat heboh adalah autonomous bike pada BMW Motorrad R1200GS. Motor riderless itu benar-benar berjalan sendiri tanpa perlu pengendara. Meski pada tahun sebelumnya, Yamaha Motobot juga menawarkan konsep sama. Tetapi Autonomous bike BMW Motorrad R1200GS itu benar-benar tanpa pengendara di atasnya. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY