Yamaha Cup Race (YCR) Pati 2015: Pembalap Cilik Yamaha Jajal Z1 di YRA

0
Syahrul-Amin-YRA-Pati-2015_1
20 pembalap belia Yamaha di Yamaha Riding Academy (YRA) mendapat bimbingan mengenai teknik balap termasuk cara membawa Jupiter Z1 di acara Yamaha Cup Race seri kelima di Pati, Jawa Tengah, Sabtu (29/8/2015). Foto: Arif

Pati (naikmotor) – Sebanyak 20 pembalap belia Yamaha mendapat gemblengan di ajang Yamaha Riding Academy di Sirkuit GOR Joyo Kusumo Pati, Jawa Tengah, Sabtu (29/8/2015) dengan memacu Yamaha Jupiter Z1 dalam rangkaian Yamaha Cup Race 2015 seri kelima.

Menurut Andri Saputra, koordinator YRA dari Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, para pembalap cilik ini mulai diperkenalkan memacu Jupiter Z1 dengan arahan Syahrul Amin, pembalap Yamaha Yamalube NHK IRC Nissin NGK Bahtera Racing Team.

” Di YRA kita mendidik pembalap muda untuk profesional. Selain dibekali dengan teknik dasar balap umum, seperti pengereman dan racing line, kita memperkenalkan teknik-teknik balap memacu motor balap Jupiter Injeksi, karena teknik balapan menggunakan motor injeksi dan karburator itu beda, ” ujar Andri.

20 pembalap yang mengikuti YRA di ajang YCR 2015 Pati didominasi pembalap tuan rumah yang mengikuti kelas lokal pemula YCR6 di bawah asuhan Syahrul Amin, yang juga pembalap PON Papua Barat.

“ Saya melihat potensi-potensi pembalap lokal Pati sudah bagus hanya tinggal mengarahkan khususnya teknik pengereman, menikung dan memilih racing line. Memang butuh penyesuaian memacu Z1 di sirkuit seperti ini karena mereka terbiasa memacu motor karburator,” sebut Syahrul.

Sejak pagi hingga siang hari mereka mendapat pembekalan secara teori dan juga praktik di sirkuit sepanjang 750 meter dengan lebar 8-10 meter dengan pola berlawanan arah jarum jam.

Pada sesi evaluasi, para pembalap muda tersebut banyak bertanya mengenai penggunaan gear dan teknik cornering. (Arif/nm)

Syahrul-Amin-YRA-Pati-2015

LEAVE A REPLY