Ini 3 Warna Khusus Honda yang Tak Masuk Jepang!

0
Honda
Jepang punya beberapa keistimewaan ketika bicara model dan tipe suatu kendaraan, tapi tak melulu demikian. Foto: Young Machine

NaikMotor – Sebagai motherland Honda, Jepang punya beberapa keistimewaan ketika bicara model dan tipe suatu kendaraan. Tak jarang Jepang membuat iri konsumen negara lain lantaran dijual khusus berstatus JDM.

Walaupun JDM tetap punya kasta tersendiri namun pabrikan Honda di tiap negara juga tak mau kalah dalam segi inovasi. Buktinya kini banyak model yang keluar dengan warna tertentu dan justru tidak ada di Jepang.

Honda

1. CBR1000RR Black Matte

Honda CBR1000RR Fireblade warna hitam doff model 2019 ini hanya untuk pasar Eropa. Selain warna, spesifikasinya sama persis seperti yang di Jepang. Hanya saja di model ini ada tambahan ‘mata kucing’ di fork depan.

CBR1000R SP2 mengusung mesin 999.8 cc 4-silinder. Mesin menghasilkan 189 hp pada 13.000 rpm dan torsi 116 Nm pada 11.000 rpm. Kompresi 13:1 dengan rincian bore x stroke 76 mm dan 55 mm.

Fireblade di model paling baru ini juga menggunakan kopling yang telah dilapisi alumunium. Raditornya lebih sempit 30cc dari sebelumnya dan lebih ringan 1 ons.

Honda

 2. X-ADV Army Camouflage

Jika ada cat pabrikan yang paling mencolok mungkin ini dia Honda X-ADV green olive matte with camouflage. Warna ini juga khusus untuk pasar Benua Biiru, warna yang diklaim cocok dengan karakter orang Eropa.

X-ADV pertama kali buka selubung di EICMA 2016 di Milan. Skutik bergendre adventure ini hadir dengan konsep anti-mainstream bergaya crosser yang merupakan karya dari Honda R&D yang berpusat di Roma.

Honda X-ADV menggunakan mesin silinder ganda berkapasitas 745cc, konsumsi bahan bakarnya hanya 27,9 km/liter. Di atas kertas tenaganya 54 hp pada 6.250 rpm dan torsi 68 Nm pada 4.750 rpm.

Honda

3. Gold Wing Touring Chic Blue

Warna biru meriah atau biasa disebit Chic Blue di Honda Goldwing model 2019 ini hanya ada di Eropa, sedangkan di Jepang dan Indonesia yang melncur di IIMS 2018 lalu hanya ada pilihan warna merah, hitam dan putih.

Honda Gold Wing punya 2 model yakni tipe Bagger dan Touring. Tipe Bagger ditawarkan dalam 2 varian transmisi, yakni Honda Gold Wing manual 6 percepatan dan DCT 7 percepatan.

Sedangkan Model Touring dalam 3 varian, yakni manual 6 percepatan, Gold Wing Tour DCT 7 percepatan, dan Gold Wing Tour DCT 7 percepatan Airbag. Khusus untuk varian DCT dilengkapi dengan mode walking, baik untuk bergerak maju maupun mundur.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here