Ini Alasan Mengapa Ducati Memasang Swingarm Bar di Desmosedici GP19

0
1637
Swingarm Bar di Desmosedici GP19
Swingarm bar Ducati Desmosedici GP19 bagian dari anti dive. Foto: speedweek

NaikMotor – Swingarm bar di Desmosedici GP19 sempat menarik perhatian di hari kedua Tes MotoGP Jerez 2018. Komponen baru itu bagian dari pengembangan motor balap Ducati di MotoGP 2019.

Ternyata Ducati Desmosedici GP18 masih dikeluhkan soal bagian belakang yang masih memantul jika dilakukan pengereman ketika melalui bagian trek yang tidak rata. Pada saat pengereman memang akan terjadi pemindahan titik berat ke arah depan sehingga bagian belakang rawan memantul jika mengenai gundukan.

Sementara pada Desmosedici generasi sebelumnya problem itu ditambah dengan sedikit goyangan ke kiri dan ke kanan, meski bukan seperti fish tailing. Tetapi setidaknya mempengaruhi feeling Pembalap terutama saat menikung.

Swingarm bar di Desmosedici GP19 yang sempat di tes Danilo Petrucci merupakan upaya untuk mengurangi gejala hopup atau gyro gearloose itu. Swingarm bar akan menjadi bagian dari antidive yang bekerja di bagian belakang. Petrucci sendiri menilai komponen baru itu sudah cukup mengurangi gejala hopup meski tidak sepenuhnya hilang.

Sebenarnya swingarm bar juga bukanlah ide bbaru bahkan sudah ada sejak 70 tahun lalu. Ketika desainer Francis Beart membuat sistem penyesuaian torsi belakang-rem Manx Norton, 1952. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*