Kiprah Perdana Pedrosa di KTM Bisa Lebih Awal Saat Private Test di Jerez

0
32
Kiprah Perdana Pedrosa di KTM
Dani Pedrosa meninggalkan Honda untuk menjadi Test Rider KTM. Foto: dorna motogp

NaikMotor – Meski masih terikat sisa kontrak dengan Honda, kiprah perdana Pedrosa di KTM bisa terlaksana saat private test di Jerez, 18 Desember 2018 mendatang.

Bos KTM, Stefan Pierer sendiri yang menyatakan pertengahan Desember 2018 ini Dani Pedrosa sudah bisa melakukan tes KTM MotoGP menyusul kesepakatannya dengan Honda. Kiprah perdana Pedrosa di KTM menguji motor KTM pada 18 Desember 2018 di Jerez saat test private.

Setelah mencatatkan 3 kali juara dunia MotoGP, Dani Pedrosa, mengakhiri karir balapnya dengan Honda di seri MotoGP Valencia 18 tahun kemudian. Tetapi meski telah menandatangani kontrak dua tahun di KTM sebagai penguji, namun pada tes bulan November 2018 dia belum melakukan tes pertamanya dengan tim balap pabrikan Red Bull KTM.

Pit Beirer dan manajer tim Mike Leitner menyatakan meski Pedrosa ada di Valencia dan Jerez tetapi tidak bisa menguji KTM, Pedrosa ingin menyelesaikan kontraknya dengan Honda, yang berjalan hingga 31 Desember 2018. Meski demikian ada juga kecurigaan bahwa KTM tidak memiliki cukup material, karena untuk pertama kalinya tim Red Bull KTM harus menyediakan 4 sepeda motor.

Selain itu dengan hasil tes MotoGP di Jerez lalu, ketika tidak satu pun dari 4 pembalap KTM masuk dalam top 15, menunjukkan bahwa masih ada kebutuhan untuk tes KTM RC16.

Pada pembukaan main dealer KTM Husqvarna Braumandl di Wels-Thalheim Austria, Pierer bahkan mengumumkan pada akhir pekan itu bahwa kiprah perdana Pedrosa di KTM pada 18-19 Desember 2018 saat private test Jerez.

“Kami sekarang bersama dengan Pedrosa sebelum Natal dan lebih awal dari pada tes IRTA di Malaysia, Februari 2019,” kata Pierer, kepada speedweek. “Kami memang telah sepakat bahwa dia tidak akan melakukan tes pada bulan November. Tapi sekarang kami telah menemukan solusi yang adil dengan Honda. Dia bebas. Sehingga saya penasaran ingin tahu apa yang akan dihasilkan dari tes ini. Kami sudah memiliki banyak komponen baru yang seharusnya dicoba sejak November lalu, tetapi karena Mika telah terluka parah sejak Juli dan tidak bisa menguji. “

Sementara itu, KTM Factory Racing di Munderfing juga mengevaluasi masukan dari tim satelit baru, Tech3 dengan pembalap Miguel Oliveira dan Hafizh Syahrin dan kepala kru mereka Guy Coulon dan Nicolas Goyon. Pierer menuturkan, “Ini akan baik-baik saja. Pemilik tim Tech3 Herve Poncharal adalah seorang profesional. Dia adalah bagian penting dari komunitas MotoGP.” (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*