Jika Produsen Pelek Membuat Proyek Supermoto Mahal Berbasis Yamaha WR250 Begini Hasilnya

0
76
Rotobox Splice
Rotobox Splice supermoto proyek perdana produsen pelek Slovenia. Foto: rotobox

NaikMotor – Rotobox Moto sejatinya produsen pelek dari Slovenia, tetapi ketika membuat proyek supermoto produknya menjadi eksotik. Pasalnya Rotobox Splice menjadi supermoto edisi khusus dengan harga sekitar Rp485 juta off the road.

Sebenarnya pula Rotobox Splice Supermoto itu berbasis Yamaha WR250 dan WR450. Tetapi oleh Rotobox komponennya diganti dengan produk high-end. Seperti pelek misalnya, yang memang produk Rotobox itu kini berbahan serat karbon.

Masih pada bagian roda, sistem remnya menggunakan produk Brembo T-Drive cakram 320mm dengan kaliper Brembo GP4RR. Sedangkan suspensi produk Ohlins, garpu model FG461 dan monoshock TTX Flow dengan travel lebih pendek daripada model MX. Sementara triple clamp dibuat khusus dengan offset 14mm.

Swingarmnya menggunakan milik YZF-R6 dan rangka milik WR450F. Sehingga ban belakangnya bisa menggunakan ban lebar 190mm produk Bridgestone slick dengan pelek selebar 5,5″.

Bodywork telah dioverhaul. Hebatnya, fender depan dan mudguard belakang adalah hasil print 3D. Serta ditambah dengan knalpot customyang diperkuat dengan lapisan keramik hitam.

Pada bagian mekanikalnya pun tak luput dari sentuhan khusus, cover mesin milik WR250 itu berlapis keramik juga. Belum termasuk slipper clutch yang ditambahkan untuk meringankan kerja saat downshifting transmisi agar ban tidak mengunci.

Rotobox Splice Supermoto itu hanya memiliki bobot 119 kg saja saat tangki penuh. Kabarnya, Splice Supermoto proyek pertama Rotobox rencananya hanya dibuat sebanyak 11 unit. Ini pun hanya dibuat untuk Yamaha Austria Racing Team (YART). (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*