Mengecat Panel Bodi Kasar atau Kulit Jeruk Gunakan Cat Ini Dulu

0
129
Mengecat Panel Bodi Kasar atau Kulit Jeruk
Mengecat panel bodi kasar atau kulit jeruk gunakan terlebih dahulu primer plastik. Foto: Gilang, Afid

NaikMotor – Mengecat panel bodi kasar atau kulit jeruk ternyata ada kiat khusus karena tekstur permukaannya. Padahal, panel kulit jeruk biasanya berbahan Polyurethane (PU) mudah kusam terpapar matahari.

Padahal panel kulit jeruk ini mendominasi bodywork skuter matik yang merajai populasi motor zaman now. Panel bodi kasar di skuter matik paling mudah ditemui adalah spakbor atau fender, umumnya berwarna hitam tanpa dilapis cat dan permukaannya kasar seperti kulit jeruk. Seperti disebutkan di atas panel kulit jeruk mudah kusam karena usia pakai.

Tekstur kulit jeruk ini memiliki nama resmi ‘shibo pattern’ atau ‘frosted pattern’ juga rawan mengalami lecet-lecet dan kusam. Kiat untuk mengembalikan penampilannya dengan mengganti atau mengecat.

Tetapi, ternyata bodi motor dengan tekstur kulit jeruk ini tidak boleh dicat dengan sembarangan, seperti yang disebutkan dalam IG Diton Premium. Mengecat panel bodi kasar atau kulit jeruk ternyata ada kiat khusus dengan menyemprotkan cat khusus terlebih dahulu yaitu PP Primer. Hal ini dilakukan agar cat yang nanti akan kamu aplikasikan bisa lebih merekat di permukaan bodi kulit jeruk dan cat tersebut tidak mudah mengelupas.

PP Plastik Primer ini dipakai sebelum menyemprot cat dasar. Warna catnya bening seperti clear/pernis, dan tujuannya supaya epoxy dan cat nantinya bisa lentur sehingga cat tidak mudah retak atau pecah jika terbentur.

“Epoxy kan cat dasar tujuannya merekatkan dan menaikkan warna cat. Epoxy saja cukup sebetulnya, tapi kekurangannya kurang tahan benturan, jadi kita pakai PP Plastik Primer jadi cat merekat kuat,” jelas Joni Ilmawan, Humas Komunitas Airbrush Indonesia (KSI) partner PT Difan Prima Paint produsen Cat Semprot Diton Premium.

Jadi sebelum melapis permukaan panel kulit jeruk itu gunakan PP Plastik Primer (kode warna 9100) terlebih dahulu. Namun sebelum itu lakukan langkah seperti akan melakukan pengecatan yang baik. (Afid/nm)

Langkah Mengecat Panel Bodi Kasar atau Kulit Jeruk
1. Lepas semua panel bodi yang sudah memudar itu dengan obeng dan kunci-kunci yang sesuai.
2. Bersihkan permukaannya agar bebas dari kotoran, minyak dan debu, kalau perlu cuci sampai bersih dan keringkan.
3. Perhatikan permukaan yang akan dilapis ulang dengan cat semprot, jika terlihat kasar karena baret atau tergores haluskan dengan amplas. Bersihkan sisa pengamplasan.
4. Kocok botol kaleng cat Diton Premium PP Plastik Primer selama 1 menit.
5. Semprotkan cat tipis-tipis dan merata, lakukan pelapisan hingga 3 kali. Jangan lupa beri waktu jeda antar sesi sekitar 3 menit.
6. Biarkan mengering di udara hangat selama sekitar 30 menit sebelum melakukan pengecatan proper, seperti dengan cat semprot Diton Premium Black Semi Doff (kode warna 9813) atau warna custom lainnya.

LEAVE A REPLY

*