Daftar 10 Motor Terbaik di EICMA Milan 2018 (Bag 1)

0
331
10 motor terbaik di EICMA
Kymco memperkenalkan motor konsep listrik baru mereka bernama SuperNEX di EICMA 2018. Foto: Car And Bike

NaikMotor – Pameran EICMA, Milan merupakan salah satu pameran roda dua terbesar di dunia. Diikuti lebih dari 1.200 brand mulai dari motor sampai apparel, ajang ini jadi wadah pamer motor baru, konsep dan teknologi kendaraan.

“Pameran ini adalah pameran global terpenting dari industri yang terus ditransformasikan dengan cara yang patut dicontoh untuk menghasilkan keunggulan, dengan fokus pada inovasi,” kata Andrea Dell’Orto, Chairman  EICMA.

Dari banyaknya motor baru dan motor konsep yang diperkenalkan tentu ada beberapa yang paling menonjol. Berikut daftar 10 motor terbaik di EICMA Milan 2018, baik motor baru maupun motor konsep.

Pameran EICMA, Milan

1. Ducati Panigale V4R

Di perhelatan pameran sepeda motor Italia, pabrikan dari Borgo Panigale Italia itu melakukan world premier model-model barunya. Ducati di EICMA 2018 meluncurkan Panigale V4R, XDiavel 2019, dan Hypermotard 950.

Ducati Panigale V4R 2019 kini benar-benar menjadi monster sirkuit, pasalnya performanya sudah ditingkatkan berkat kit balap yang disandangnya. V4R itu kini memiliki 234 daya kuda sebelumnya 221 daya kuda.

Model superbike ini memang akan menjadi dasar teknis pengembangan motor balap Ducati di ajang WorldSBK. Sehingga saat peluncuran superbike Ducati di EICMA 2018 V4R dibawa oleh Chaz Davies.

Pameran EICMA, Milan

2. Royal Enfield KX Concept V-Twin

Royal Enfield KX Concept V-Twin merupakan reinkarnasi Royal Enfield 1140 KX Bobber yang eksis tahun 30’an. Motor konsep ini pun memikat bukan hanya dari tampang tapi juga sejarah yang diusung.

Dari gurat desain, gaya klasik bobber tersirat jelas dengan gaya tangki serta jok model tunggal. Gaya bobber yang abadi terlihat juga dari fork depan menganut desain girder serta suspensi belakangnya menggunakan monoshock.

Gaya pengendaraannya dituangkan dengan setang model datar mendukung desain retronya. Aksesori bodi Royal Enfield KX Concepts V-Twin juga dilengkapi dengan model lampu LED.

Royal Enfield KX Concept V-Twin mengusung jantung V-Twin 838cc bertenaga 90 hp serta transmisi 6-speed serta telah memenuhi regulasi emisi BSVI. Knalpotnya dibuat khusus serta mempertahankan gaya RE yang unik.

Pameran EICMA, Milan

3. New Suzuki Katana

Setelah dihadirkan di Intermot Koln Oktober lalu, Suzuki Katana diperkenalkan kembali di EICMA 2018. Masuk sebagai kategori sport touring, bersosok sportbike motor ini meluncur setelah terakhir disuntik mati pada 2006.

Bagaimana pun Suzuki memang kadung cinta sama Katana yang dahulu beredar dalam kurun 1981-2006. Suzuki Katana era baru itu kemudian dihadirkan perdana di Intermot 2018. Kemudian dihadirkan di EICMA 2018 Milan Italia

Suzuki Katana diperkenalkan di EICMA 2018 dengan masih membawa gen pendahulunya. Seperti masih adanya garis-garis retro, seperti semi fairing yang mengkotak. Namun diimbuhi faktor modern seperti lampu utama LED.

Sementara penggeraknya mengambil mesin GSX1000, mesin empat silinder in-line 999 cc, yang menghasilkan 150 daya kuda @ 10.000 rpm dan 108 Nm pada 9.500 rpm.

Pameran EICMA, Milan

4. Kymco SuperNEX

Salah satu motor konsep yang mungkin paling banyak menyedot perhatian. SuperNEX merupakan motor listrik bergenre superbike, bikinan Kymco asal Taiwan, yang selama ini identik sebagai produsen skuter.

Tampilan Kymco SuperNEX sejatinya tidak terlalu istimewa, tapi ‘jeroan’ yang diusung yang membuatnya menarik. Sasisnya dari alumunium, pelek dari OZ, shockbreaker depan belakang Ohlins dan rem dari Brembo.

Ban besutan Metzeler Racetec. Girboks 6 percepatan dan ada sistem audio yang dapat disetel. Di mana bunyian buatan mengikuti suara knalpot seperti di mesin bakar itu bisa diatur sesuai keinginan pengendara.

Menjadi menarik lantaran meski berjantung elektrik, Kymco SuperNEX tetap bernuansa ‘motor batangan’ karena mengusung girboks 6 percepatan yang jadi center point tersendiri. Karena kebanyakan motor listrik tidak memakai gigi.

Pameran EICMA, Milan

5. Aprilia RS660 Concept

Aprilia siap menggempur pasar motor sport kelas menengah dengan menampilkan Aprilia RS660 Concept di EICMA 2018. Motor ini menarik perhatian karena jadi turunan RSV4 1100.

Motor ini dibekali bodywork dan sasis yang benar-benar baru. Desainnya separuh sportbike menengah dan sport touring. Sasis dari aluminium dirancang tetap dalam ukuran kompak.

Uniknya, Aprilia RS660 Concept itu benar-benar separuh kapasitas RSV4 11000, dengan sisa 2 silinder. Sehingga piston, dan batang piston serta silinder memiliki dimensi yang sama persis.

LEAVE A REPLY

*