Ini Deretan Sepeda Motor Listrik dengan Inovasi Terbaik di EICMA 2018

0
136
Sepeda Motor Listrik Terbaik di EICMA 2018
Vespa Elettrica menjadi salah satu skuter listrik terbaik di EICMA 2018. Foto: electrek

NaikMotor – Pameran sepeda motor di Milan Italia telah berakhir, dan pastinya menyisakan pilihan-pilihan produk terbaik. Tak terkecuali sepeda motor listrik terbaik di EICMA 2018, versi sebuah media kendaraan listrik Italia.

Sepeda motor listrik memang belum menggantikan sepenuhnya sepeda motor berbahan bakar minyak. Tetapi tidak bisa dipungkiri produk sepeda motor listrik mulai marak, uniknya industri baru itu biasanya dimulai oleh perusahaan startup, seperti Alta Motor, Zapp, dan lain sebagainya.

Sehingga wajar saja jika ada pilihan sepeda motor listrik terbaik di EICMA 2018. Karena selain performa, desain e-moto dan e-cooter itu kini semakin inovatif.

Otto Bikes MCR II Bisa Ngebut dengan Daya Jelajah 220 km
Otto Bikes untuk pertama kalinya memperkenalkan produknya di EICMA 2018, Otto Bikes MCR II. Model roadster itu mempresentasikan sebuah Mini City Racer, sebab mampu ngebut hingga 105 km/jam dengan jarak jelajah 220 km.
MCR II hadir dengan dua varian, bermotor listrik 4kW motorhub atau 5kW mid drive. Keduanya dihadirkan dengan fitur terkini, dash dengan smartfunction, termasuk telepon , mapping dan rear camera view serta fitur lainnya. Meski keduanya masih menunggu homologasi dari EU.

Silence Scooters dengan Baterai Lepas-Pasang
Memang bukan sekedar desain skuter listrik utuh yang menjadi perhatian pada Silence Scooter ini, tetapi desain baterai lepas-pasangnya atau removable battery yang dimilikinya.

Baterai Silence Scooter telah dirancang mudah untuk dilepas pasang dan diletakkan di bawah, sehingga bagasi menjadi kuas dan muat 2 helm open face. Padahal umumnya baterai motor atau skuter listrik kapasitas 1-1,5kWh memiliki berat 10-12 kg, atau batas rata-rata kemampuan angkat manusia dewasa. Sehingga baterai Silence itu ditambahi roda dan rancangannya berbentuk mirip kopor agar mudah dibawa-bawa. Seperti saat di rumah atau kantor, baterai bisa dilepas dan dicharge di sana.

Baterai juga telah ditambahi inverter sehingga dalam kondisi tertentu bisa digunakan untuk charging gadget. Atau untuk daya penerangan darurat saat bencana.

CSC City Slicker Ramah Budget
CSC City Slicker ini ditawarkan dengan harga sekitar Rp37 jutaan saja. Sehingga relatif ramah bagi kantong masyarakat Eropa, wajar saja jika menjadi sepeda motor listrik terbaik di EICMA 2018
CSC City Slicker bermodel seperti e-moto, dan mamou menembus kecepatan hingga 105 km/jam. City Slicker itu diproduksi pabrikan Tiongkok Zongshen dan sudah diserap pasar Amerika Serikat.

UJET Skuter Listrik Lipat
UJET menawarkan inovasi yang tak kalah menarik, skuter listrik lipat, untuk memudahkan membawanya saat naik elevator atau transportasi publik. Didesain dengan berat total 49 kg, termasuk baterai, saat dilipat akan mirip kereta dorong.

UJET dilengkapi roda hubless namun dengan rem cakram. Tak ketinggalan fitur terkini sudah disematkan seperti koneksi Bluetooth, dan GPS sat-nav.

NUUK Sepeda Motor Listrik dengan Bodi Modular
NUUK menampilkan sepeda motor listrik dengan kapasitas baterai dan daya muat besar. Tetapi selain itu NUUK memiliki bodi modular, sehingga modelnya mudah diubah mulai dari skuter, sepeda motor hingga cargo.


NUUK juga menawarkan pilihan motor penggerak single atau dual motor 4kW, demikian juga kapasitas baterai, single atau dual kapasitas 2,4kWh.

V-ITA Sepeda Listrik
Berbeda dengan e-moto atau e-scooter di atas, V-ITA menawarkan sepeda listrik. Uniknya, penampilannya hanya mirip sepeda dayung biasa, tak ada bongkahan baterai maupun motor listrik yang terlihat.

Sebab, baterai kapasitas 36V 150/200 Wh disembunyikan di top tubenya atau rangka atas. Demikian dengan controller nya, sementara motor listriknya adalah motorhub di roda belakang. V-ITA mengandalkan penggerak secara pedelec, atau sensor pada putaran crank . Motor assist nya mampu mendorong hingga kecepatan 25 km/jam.Berat V-ITA hanya 16kg saja.

Vespa Elettrica 2019
Kalau Vespa listrik ini memang sudah lama ditunggu khalayak. Produk Piaggio Vespa Elettrica ini sudah disebut-sebut sejak 2 tahun silam. Namun baru diproduksi Oktober 2018 dan mulai dipasarkan secara online awal November 2018.

Vespa Elettrica masih tetap menampilkan desain khas skuter Italia itu. Warisan lama meski pada penggerak yang berbeda dalam kurun 70 tahun Vespa. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*