Yamaha Niken Cuma Display di IMoS 2018

0
96
Yamaha Niken
Yamaha Niken dipamerkan di Indonesia Motorcycle of Show 2018. Foto: Awen

NaikMotor – Motorsport roda tiga Yamaha Niken mejeng di IMoS 2018. Sayangnya motor yang launching-nya dilakukan oleh Valentino Rossi di EICMA, Milan 2017 ini baru sekedar eksebisi alias belum dijual.

Antonius Widiantoro, Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan, pihaknya baru memajang Niken tapi bagi yang benar- benar tertarik Yamaha akan mendata.

“Baru dipajang. Jika ada yang mau silahkan datang, nanti kami data,” kata Anton.

Mengapa Yamaha tidak langsung menjual Niken, padahal di Eropa dan Jepang motor ini mendapat respon yang sangat baik. Dengan dua roda di depan, motor yang menggunakan basis Yamaha MT-9 ini menjadi motor eksotis.

“Kita juga survei karena semua butuh itu. Kita lihat pasar motor ini ada apa tidak, apalagi motor ini roda tiga yang memang kita lihat penainnya sangat sedikit,” imbuh Anton.

Yamaha Niken merupakan dari pengembangan konsep MWT-9 Leaning Multi-Wheeler (LMW). Keunggulan motor ini yakni menerapkan sistem suspensi LMW Ackermann beserta paralleogram link offset.

Konstruksi demikian bertujuan agar saat digeser atau dengan kata lain saat dimiringka, garpu ganda kiri dan kanan akan memiliki sudut kemiringan yang sama. Konstruksi ini bisa ditemui pada Peugeot Metropolis, Piaggio MP3 dan Yamaha Tricity.

Yamaha Niken mengusung mesin 900cc. Mesin crossplane berkapasitas 847cc 3-silinder dan berpendingin zat cair itu memiliki rasio kompresi 11.5:1. Menghasilkan tenaga 115PS pada 10.000 rpm dan torsi 87.5 Nm pada 8.500 rpm.

Di Inggris, Yamaha Niken akan dipasarkan dengan harga sekitar Rp189 jutaan. Atau kalau dibuat perbandingan setara 10 Honda CB150 Verza. Nah kalau masuk ke Indonesia jadi berapa ya?(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*