Format Balapan WorldSSP300 2019 Berubah, Ada 2 Free Practise dan Kualifikasi

0
19
Format Balapan WorldSSP300 2019
Format balapan WorldSSP300 2019 berubah karena banyaknya peserta. Foto:worldsbk

NaikMotor – Mengingat semakin ramainya peserta FIM Supersport 300 World Championship di musim depan telah membuat FIM dan Dorna mengubah format. Kelak, format balapan WorldSSP300 2019 berubah menjadi 2 grup.

Kelas ringan Superbike dunia itu tumbuh pesat di musim depan, sehingga sebagai kelas feeder akan lebih memberikan kesempatan bagi semua pembalap muda memasuki jenjang WorldSBK. FIM dan Dorna akan mengubah format balapan WorldSSP300 2019 menjadi 2 grup baik saat latihan bebas (FP) maupun Qualifying (QTT).

Di akhir QTT akan dipilih 30 Pembalap tercepat dari kombinasi time sheet untuk berada di grid Race Minggu. Sementara untuk yang berada di luar 30 Pembalap tercepat akan diberikan kesempatan last chance race Sabtu sore (semacam Q1 di MotoGP). Kemudian akan diambil 6 Pembalap tercepat untuk berada grid Race Minggu, sehinga saat Race akan berisikan 36 Pembalap.

Selain perubahan format balapan WorldSSP300 2019, untuk pertama kalinya balapan digelar di luar Eropa. Musim depan WorldSSP300 digelar pula di Losail International Circuit Qataruntuk finalnya.

Gregorio Lavilla, WorldSBK Sporting Director menjelaskan pembaruan tersebut: “Kami senang dengan keberhasilan seri WorldSSP300 sejak musim perdananya pada tahun 2017, dan kami selalu mencari cara untuk menawarkan pengalaman lebih besar bagi pembalap di jalurnya. Dengan membawa format baru ini, kami memberi para rider muda lebih banyak waktu lintasan, lebih banyak kesempatan untuk mengesankan, dan lebih banyak kesempatan untuk menghibur para penggemar. WorldSSP300 akan berlomba di luar Putaran Eropa pada 2019, yang kami rasa ini adalah langkah alami dalam ekspansi. Tujuan jangka panjang kami adalah untuk melihat talenta muda tumbuh, dan menjadikan ini kelas feeder sebenarnya ke WorldSSP dan akhirnya, WorldSBK.”

Fabio Muner, FIM Sports Director menambahkan: “Kami menganggap WorldSSP300 sebagai batu loncatan yang sangat sukses untuk seri WorldSBK untuk atlet muda kami. Perubahan 2019 akan memberikan balapan yang lebih dekat daripada sebelumnya, dengan hanya pembalap tercepat dan terkuat yang berjuang melewati akhir pekan. Menawarkan kesempatan yang lebih besar bagi pengendara muda, meningkatkan pengalaman balap dan menambahkan area internasional baru, akan ada lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan pengalaman di trek dan akan membuatnya lebih bagi para penggemar.” (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*