Galeri Foto Motorbaik Adventure 2018 for Lombok dalam Misi Sosial dan Budaya

0
65
Motorbaik Adventure 2018 for Lombok
Motorbaik Adventure 2018 for Lombok.Foto: Arif

NaikMotor – Gerakan untuk menebar kebaikan dan berkendara santun yang digagas oleh para pemotor di Motorbaik tahun ini memilih Lombok sebagai destinasinya yang dimulai,13-18 Oktober 2018. Motorbaik Adventure 2018 for Lombok diikuti 14 Baikers, sebutan para pemotor di Motorbaik.

Mereka memulai aktivitasnya dari Dusun Pandanan Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Minggu (14/10/2018).Kegiatan Motorbaik Adventure 2018 for Lombok didukung oleh Tiket.com, GAS Triumph Motorcycles, Kawasaki Motor Indonesia, Astra Honda Motor, BMW Motorrad Indonesia, Piaggio Indonesia dan NaikMotor.com. Sementara  para  Baikers yang ikut  antara lain Imam Darto, Isa Bajaj, Ferry Maryadi, Denny Chasmala, Ananda Omesh, Melki Bajaj, Eddi Brokoli, Alit Susanto, Soleh Solihun, Bisma Karisma, Nabila Putri, Surya Insomnia, David John Schaap dan Sabrina Sameh.Ikut dalam perjalanan ini ditambah Ricardo Agostino dari Triumph Bali.

Selama melakukan kegiatan sosial tersebut, Tim Motorbaik dibantu oleh komunitas Berugak Lombok, sebuah kumpulan pemuda pemudi Lombok yang bergerak di bidang sosial terutama pendidikan.

Menurut Ananda Omesh, salah satu pelopor Motorbaik, kegiatan tahun ini berbeda dengan dua tahun sebelumnya yang melakukan perjalanan lintas provinsi. “Dari awal rencana perjalanan kami tahun ini mau ke Lombok, ditambah lagi adanya bencana alam gempa bumi yang terjadi di sini. Sampai akhirnya kita memutuskan untuk membuat Motorbaik Adventure 2018 for Lombok yang akan diisi dengan kegiatan sosial untuk membantu membangkitkan kembali semangat mereka untuk masa depan termasuk ikut mempromosikan pariwisatanya yang sudah bisa dikunjungi lagi,” sebut Omesh.

Kawasan yang dipilih itu adalah karena hampir 90% terdampak akibat gempa bumi yang mengguncang Lombok pada awal Agustus lalu. Acara disi dengan hiburan untuk para siswa sekolah hingga ibu-ibu sekalian memotivasinya berupa games berhadiah hingga Pengobatan gratis.


“ Bagi mereka, bertemu dengan kita-kita saja mungkin sudah membuatnya bahagia, dan kita datang ke sini untuk ikut memulihkan semangatnya terutama anak-anak sekolah,” tambah Omesh.Rombongan Tim Motorbaik ikut mengeksplorasi daerah Gili Trawangan dan ikut mempromosikannya kembali sebagai destinasi pariwisata yang sudah bisa kembali dikunjungi. Lombok Bangkit!

Salah satu misi yang diemban oleh Motorbaik Adventure 2018 for Lombok adalah memberikan dukungan untuk warga terdampak agar kembali bangkit. Seperti halnya saat meresmikan perpustakaan hasil sumbangan dari Riders Association of Triumph (RAT) di Dusun Pengembuk Desa Tanjung KLU, Selasa (15/10/2018).

Peresmian perpustakaan tersebut adalah salah satu wujud kepedulian Motorbaik dan komunitas RAT untuk mendukung kebangkitan Lombok khususnya dalam perkembangan anak-anak. Nama perpustakaan berbentuk taman bacaan yang diberi nama Kita Indonesia.

“ Semoga kehadiran kita dan juga perpustakaan dari komunitas RAT bisa menjadi salah satu bentuk hiburan bagi mereka sekaligus ikut mencerdaskan anak-anak. Hari ini juga kita ke Desa Adat Blek yang terkena dampak juga karena persis di bawah kaki Gunung Rinjani dan menikmati Bukit Selong di atasnya,” sebut Ananda Omesh.

Usai meresmikan perpustakaan, rombongan Motorbaik bergerak ke salah satu dusun terpencil untuk memberikan bantuan sekaligus menghibur warganya, Selasa (17/10/2018). Adapun bantuan yang diberikan yakni paket Buku Iqro di Dusun Baru, Desa Gunung Malang, Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur.

Setelah menikmati panorama alam berupa keindahan Gunung Rinjani, para Baikers melewati Pusuk Sembalun dengan landscape jalanan menanjak terjal dan turunan curam berkelok. Kondisi Dusun Baru menurut penuturan tim Berugak Lombok, partner Motorbaik dalam menyalurkan donasi, termasuk parah dan tidak banyak yang tahu keberadaannya. Hal ini membuat bantuan ke dusun ini tersendat.


Tak heran, begitu rombongan public figure datang langsung diserbu warga yang menyambut gembiran dan langsung ingin foto. Kondisinya sangat memprihatinkan karena tempat tinggal hingga fasilitas umum mulai pesantren, Masjid ikut hancur.

“Kami datang ke sini untuk memberikan dukungan kepada masyarakat di sini untuk tetap semangat menjalani kehidupan dan membuka mata pihak lain untuk mengulurkan bantuan. Kami sudah berkeliling ke berbagai tempat untuk menghibur sekaligus menyerahkan bantuan,” sebut Imam Darto mewakili rekan-rekan selebritis lain.

Paket Buku Iqro
Para artis pun tak sungkan untuk berbaur bersama warga untuk menampilkan hiburannya untuk anak-anak hingga masyarakat lainnya. Sebuah pemandangan yang menurut mereka samgat langka didapatkan karena biasanya hanya bisa melihat di televisi.

Di ujung acara, tim Motorbaik bersama Berugak Lombok menyerahkan buku Iqro untuk digunakan anak-anak. Usai penyerahan donasi, rombongan meneruskan perjalanan menuju Pantai Kuta.

Perjalanan tim Motorbaik Adventure 2018 for Lombok tidak hanya mengusung misi sosial kemanusiaan, namun juga turut mengangkat budaya dan wisata.Hal ini bertujuan untuk memulihkan kembali destinasi wisata di Lombok sekaligus menarik turis kembali mengunjunginya.

Salah satu yang dieksplorasi adalah mengunjungi Suku Sasak di Desa Adat Sade,Rembitan Lombok. Warga suku ini mempertahankan tradisi adat leluhurnya yang terkenalnya antara lain dalam pernikahan, Rabu (17/10/2018).

 “ Mengangkat kembali dunia pariwisata di Lombok adalah salah satu misi kami tahun ini. Sebelumnya kita juga ke Gawah Lian Lombok Timur yang terkenal dengan Pohon Purba berumur 350 tahun. Kemudian kita mengunjungi Suku Sasak lalu ke Taman Wisata Gunung Tunak serta ke Pantai Bila Sayak yang belum banyak didatangi wisatawan. Ini berkat dukungan teman-teman Berugak Lombok dibantu Bikers Brotherhood 1% MC Lombok Chapter yang ikut dalam perjalanan ini,” sebut Ananda Omesh.(Arif/nm)

LEAVE A REPLY

*