Gila Nih… Vespa VBB 1962 New Old Stock Dikerudungin Pakai Kaca!

1
678
Vespa VBB 1962
Vespa VBB 1962 NOS.Foto: Awen

NaikMotor – Punya Vespa antik orisinal merupakan idaman banyak orang. Tak apa menghabiskan uang dan tenaga untuk berburu Vespa tua, yang penting dapat ‘perawan’ alias cantik bawaan lahir bukan hasil restorasi.

Salah satu orang yang beruntung itu ialah Andy Wardhana, seorang kolektor Vespa yang berhasil mendapatkan Vespa VBB 1962 dengan kategori mint condition atau NOS alias New Old Stock dari tangan pertama.

“Vespa ini saya dapat dari Om Iskandar di Semarang. Salah satu kolektor Vespa. Motor ini bisa dikatakan NOS, karena dari pertama dibeli belum pernah sekalipun diisi bensin. Semua yang melekat masih asli pabrik,” buka Andy.

Nah bagaimana Om Andy bisa dapat Vespa VBB 1962 idamannya, berikut wawancaranya:

NM: Bisa diceritakan bagaimana dapat Vespa VBB 1962 ini?

Andy: Jadi awalnya saya berburu mitos. Awalnya saya sempat dengar ada orang yang mau jual Vespa VBB 62 NOS. Tapi yang jual itu selalu calo dan kebanyakan tidak pernah memberikan foto. Dari situ ceritanya saya mulai berburu Vespa ini. Jadinya ya berburu mitos.

NM: Berapa lama akhirnya ketemu penjualnya?

Andy: Setahun kira-kira saya hunting sebelum akhirnya ketemu sama pemiliknya Om Iskandar di Semarang. Sebelumnya sering sekali calo-calo yang nawarin motor ini. Tapi ya itu, jarang sekali yang punya fotonya, semuanya hanya by mouth saja.

Sampai akhirnya salah satu teman saya ternyata kenal sama Om Iskandar. Saya dikasih unjuk fotonya, dan saya ternyata baru tau cuma sedikit orang yang pernah liat fotonya apalagi motornya. Dan akhirnya saya datang ke tempat beliau.

NM: Lalu?

Andy: Sampai di rumahnya saya diajak tour singkat. Di gudangnya banyak sekali H-D tua dan motor Jepangan. Tapi saya gak tertarik, akhirnya saya dikasih liat Vespa VBB 62 NOS ini di dalam rumahnya.

Uniknya dari segitu banyak motor koleksi dia hanya Vespa ini yang ditaruh di dalam rumah. Memang ia mengakui Vespa ini adalah motor kesayangannya. Dia beli dari dia masih bujangan sampai sekarang sudah punya cucu. Umur beliau sendiri sudah 70-an.

NM: Langsung dibeli?

Andy: Dia itu orang gak butuh uang ya, kolektor, motornya banyak sekali ada 100-an lebih. Om Iskandar cuma bilang ke saya “Sudah tau kan harganya?. “Saya jawab “Iya,” dan sudah tidak saya tawar lagi. Kami salaman.

NM: Berapa harganya?

Andy: Wahahhaa… gak enaklah. Tapi begini, sempat ada guyon di kalangan penggemar Vespa, “Ada orang gila yang jual Vespa VBB NOS, tapi yang beli lebih gila lagi tuh.” Ya saya ketawa saja, mana yang gila ya… Om Iskandar apa saya.. hahahha

Buat penggemar Vespa, Vespa VBB tahun tua okelah walau memang bukan sesuatu yang langka atau rare sampai gimana. Tapi dengan kondisi seperti ini mungkin jarang sekali.

NM: Oke Om, kita ngomongin motornya. Pertanyaannya seorisinil apa Vespa ini?

Andy: Kita sering dengar ada yang jual Vespa ori. Betul itu ori, atau banyak yang orinya, tapi kadang catnya sudah mengelupas dan sebagainya. Adapaun yang lainnya ori tapi Km-nya sudah banyak.

Nah beda dengan motor ini. Sejak dibeli motor ini belum pernah diajak jalan. Belum pernah diisi bensin. Catnya masih bawaan pabrik. Semua stiker di bagian dalam jok, di mesin masih menempel, bahkan bannya merek “Cheat” itu masih asli.

Ya bannya masih bawaan pertama kali dari pabrik. Bahkan waktu mau dibawa dari rumah Om Iskandar, dia bilang harus dibopong jangan dibawa jalan menyentuh lantai karena takutnya bannya sudah tua getas bisa retak atau kenapa-kenapa.

NM: Sama Om Iskandar pakai stage juga?

Andy: Ditaruh di rumahnya pakai semacam dongrak gitu supaya ban depan sama belakang gak nyetuh tanah.

NM: Kenapa sekarang dipakaikan kaca?

Andy: Hahaha… idenya sebetulnya saya ingin buat ini seperti die cast tapi dengan perbandingan 1:1. Biasanya nyimpan motor atau Vespa pakai bubble tapi buat saya itu sudah banyak, nah saya mau yang beda makanya saya buat pakai kaca.

Sebetulnya juga bukan kaca tapi dari akrilik tebal 8 mm. Ini kuat sekali. terus saya kasih panggungnya. Sama seperti bubble saya buat aliran udara, jadi ada udara masuk dan di belakangnya saya kasih exhaust fan.

NM: Ada tambahan lain yang ingin disampaikan?

Andy: Saya mau terima kasih kepada Om Iskandar yang sudah mempercayakan saya untuk meneruskan perawatan Vespa ini. Waktu motor ini dibawa dari dalam rumahnya beliau sedih, sebab motor sudah dijaga beliau selama 58 tahun.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*