IIMS 2015, Wapres Jusuf Kalla: Pameran Penting Saat Ekonomi Sulit

0
Opening-Ceremony-IIMS-2015-Wapres-JK_1
Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla mengharapkan IIMS dapat memberi gambaran dan pilihan kepada masyarakat, termasuk soal teknologi, pada pembukaan IIMS 2015 di JI Expo Kemayoran, Rabu (19/8/2015). Foto:YA

Jakarta (naikmotor)- Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015, resmi dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla, Rabu (19/8/2015) di JI Expo Kemayoran Jakarta.

Dalam sambutannya, JK menyatakan, ketika kondisi ekonomi sedang baik, pameran menjadi penting sebagai tolok ukur. “ Tetapi dalam kondisi ekonomi sulit seperti saat ini, justru dalam pandangan saya pameran menjadi lebih penting. Karena bisa membangkitkan upaya-upaya perbaikan untuk kemajuan (ekonomi).”

Lebih lanjut JK mengingatkan, “Memang tolok ukur kemajuan ekonomi adalah terjaminnya kebutuhan dasar. Tetapi saat ini mobil telah menjadi kebutuhan dasar. Meski pun kita (Pemerintah) tengah berupaya meningkatkan angkutan umum. Sebab jangan sampai ada pembenaran semakin macet suatu kota semakin kebutuhan akan mobil atau motor pribadi.”

“Di lain pihak, industri otomotif mempunyai multiplier ekonomi. Sebab melibatkan banyak vendor, artinya ketersedian lapangan kerja. Ada produksi yang menjadi potensi pendapatan pajak. Sementara dari segi kuantitas (dengan penjualan di atas 1 juta unit), industri otomotif Indonesia telah melampaui Thailand.

Melihat ini Pemerintah tengah mengarahkan industri otomotif harus mampu menghasilkan produk yang efisien, murah dan ramah lingkungan. “Sehingga produk-produk otomotif harus pula menjadi pertaruhan teknologi temasuk mobil listrik, ” tegas JK.

Kembali soal pameran IIMS 2015 yang akan berlangsung hingga 30 Agustus mendatang, JK menekankan jika pameran harus mampu memberikan pilihan bagi konsumen, yaitu pilihan untuk memiliki teknologi terbaik, lebih murah dan efisien .”

Penekanan tombol sirine diikuti pemunculan penayangan materi multimedia serta logo-logo dari masing-masing peserta IIMS 2015 pada layar LED raksasa yang dilakukan Wapres RI Jusuf Kalla, menandai pembukaan resmi pameran otomotif terbesar dan terlengkap tersebut. Ini sekaligus menandai awal era baru konsep pameran otomotif yang diusung Dyandra Promosindo, yakni The Essence of Motor Show yang mengintegrasikan semua elemen otomotif.

Sebelumnya Agung Adiprasetyo selaku CEO Kompas Gramedia dalam kata pengantarnya menyebut sudah 20 tahun Dyandra Promosindo menggelar pameran mobil terbesar di Indonesia.  Karena itulah IIMS merasa perlu mengubah konsep dan visi baru setelah 20 tahun berlalu. Kini datang dengan tema The Essence of Motor Show yang menghimpun semua intisari yang berkaitan dengan dunia otomotif mulai sisi industri, bisnis, budaya, komunitas, edukasi, CSR, entertainment hingga lifestyle.

“IIMS 2015 menampilkan inovasi dan warna baru. Lebih dari sekadar pameran dan ajang transaksi, tetapi menjadi ruang besar yang mengintegrasikan semua elemen dan budaya otomotif. Pameran ini juga bertujuan meningkatkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap produk otomotif dalam negeri, sekaligus sebagai sarana unjuk kemampuan produk lokal,” kata CEO Kompas Gramedia itu.

Lebih jauh Agung menjabarkan ekspansi internasional yang mulai tahun ini dilakukan Dyandra Promosindo dengan menggandeng Grand Prix International (GPI) selaku organizer Bangkok International Motor Show (BIMS). Ini langkah awal karena ke depan sangat besar potensi kerjasama dengan negara-negara Asean lainnya guna mendukung program ASEAN Economic Community.

Wapres Jusuf Kalla hadir membuka IIMS 2015 didampingi Ketua DPR-RI Setya Novanto, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri PAN & RB Yuddy Chrisnandi, Wagub DKI Djarot Saiful Hidayat, Ketua GAIKINDO Jongkie Sugiarto serta perwakilan negara-negara sahabat. (Afid/rls)

Opening-Ceremony-IIMS-2015-Wapres-JK_2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here