Di MotoGP Dilarang, Puig Malah Memasarkan Winglet Sebagai Aksesori Superbike

0
602
Puig Malah Memasarkannya Sebagai Aksesori
Winglet Puig malah popular sebagai aksesori superbike harian. Foto: puig

NaikMotor – Penggunaan winglet sudah dilarang sejak MotoGP 2017 lalu. Tetapi produsen plastik dari Barcelona, Puig malah memasarkannya sebagai aksesori superbike.

Puig sejak 1960 dikenal sebagai pembuat fairing serat poliester untuk Derbi dan Vespa. Bahkan, pernah membuatkan fairing untuk Pembalap GP legendaris Angel Nieto.

Winglet dalam kompetisi motorsport dimaksudkan sebagai pendukung stabilitas saat kecepatan tinggi dan mencegah gejala wheelie saat keluar dari tikungan dalam kecepatan tinggi. Tetapi winglet yang telah dilarang di MotoGP kecuali dalam format aerobody, Puig malah memasarkannya sebagai aksesori superbike. Pasalnya ternyata winglet mendapat sambutan yang baik dari pengguna Superbike harian.

Klaim menyebut winglet Puig mampu menambah downforce sebesar 7 Nm pada kecepatan 160 km/jam. Hasil pengetesan pada Honda CBR1000RR di terowongan angin.

Winglet produk Puig disukai pengguna superbike Honda, Yamaha, Kawasaki, Suzuki dan BMW Motorrad di Eropa karena mudah dipasang. Winglet Puig dipasarkan dengan harga sekitar Rp2,45 jutaan di Eropa. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*