Kustomfest 2018: Sejarah Singkat dan Spesifikasi Pesawat RI-X WEL

0
77
Kustomfest 2018
RI-X WEL merupakan pesawat terbang kustom pertama yang dibuat oleh anak bangsa. Foto: Aviahistoria.com

NaikMotor – Kustomfest selalu berusaha menginspirasi pelaku seni di bidang otomotif. Selain motor dan mobil, tahun ini Kustomfest 2018 menampilkan secuil sejarah Do it Yourself anak bangsa berupa pesawat terbang.

Yup pesawat terbang, dan bukan pesawat sembarangan melainkan pesawat terbang bersejarah milik TNI AU bernama “RI-X WEL.” Pesawat ini merupakan pesawat terbang kustom pertama yang dibuat oleh anak bangsa.

Mengutip Aviahistoria disebut pesawat kustom pertama karena RI X WEL sebenarnya tergolong pesawat swayasa (home build). Pesawat ini merupakan proyek TNI AU saat itu untuk uji coba membuat pesawat secara mandiri.

Kustomfest 2018
Mesin Harley Davidson RI-X WEL buatan tahun 1925. Foto: Aviahistoria.com

Pesawat RI-X WEL memang jarang diketahui, padahal merupakan saksi perkembangan kedirgantaraan. Selama ini ia disimpan di Ruang Kronologi, Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala Yogyakarta.

Mengutip laman resmi TNI AU, Kepala Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala Letkol Sus Drs. Sudarno menjelaskan, pesawat RI-X WEL merupakan singkatan Wiweko Experimental Lightplane RI-X.

“Pembuatan dilakukan oleh Biro Rencana dan Konstruksi Markas Tertinggi AURI Seksi Percobaan Pembuatan Pesawat Terbang di Magetan. Di bawah pimpinan Opsir Udara III (Kapten) Wiweko Supono dan selesai dibuat tahun 1948,” terangnya.

Kustomfest 2018
Kustomfest 2018 akan menampilkan pesawat RI-X WEL. Foto: Aviahistoria.com

RI-X WEL dibuat hanya dalam waktu 5 bulan oleh Biro Rencana dan Konstruksi pada tahun 1948 di Pangkalan Udara Maospati (sekarang Lanud Iswahjudi). Sebuah kebanggaan tersendiri pada waktu itu karena personil TNI AU.

Pesawat ini melakukan penerbangan dari Maospati menuju Maguwo (sekarang Lanud Adisutjipto) untuk dipertunjukkan pada sebuah pameran penerbangan di Yogyakarta yang pada waktu itu dibuka langsung oleh Presiden Soekarno.

RI-X WEL mengusung mesin Harley Davidson buatan tahun 1925. Rangka badan dari besi dan airfoil sayap dari kayu. Kulit pesawat 80% menggunakan kain blacu dengan bagian lainnya memakai aluminium, dan roda dari skuter.(Rls/nm)

Spesifikasi:

Jenis: Pesawat ringan berawak tunggal bersayap tinggi
Pembuat: Biro Rencana dan Konstruksi AURI Seksi Percobaan Pembuatan Pesawat RI-X Maospati, Madiun
Tahun Pembuatan : 1948
Mesin: Harley Davidson 1928 2 Silinder; Kapasitas mesin 750 cc
Tenaga: 20pk
Ukuran: Panjang 5.05m, Bentang Sayap, 9.00 m, Tinggi 2.40m
Konstruksi: Kombinasi kayu dan kerangka besi, dengan kulit blacu
Berat kosong: 263 kg
Kecepatan jelajah: 85 km/jam

LEAVE A REPLY

*