Tips Memilih Jaket Berkendara di Cuaca Panas

0

Dainese_touring-jaket
Untuk touring di saat cuaca panas, gunakan jaket yang berbahan mesh atau jaring-jaring. Foto: istimewa

Jakarta (naikmotor) – Penggunaan jaket untuk berkendara sepeda motor berfungsi melindungi tubuh dari hembusan angin. Tetapi jaket model-model mutakhir telah ditambahi fungsi perlindungan pada bagian tubuh tertentu seperti dada, bahu, punggung dan lengan. Bahan pelindungnya komposit dan terkadang ditambahi aluminium agar ringan dan semakin kuat.

Tetapi ada aspek keselamatan lainnya yang perlu diperhatikan saat memilih jaket. Sebaiknya jaket berkendara memiliki warna cerah atau ada bagian yang reflektif, tentunya agar pengendara terlihat pengguna lalu lintas lainnya, terutama saat malam hari.

Aspek lainnya tak kalah pentingnya, kenyamanan. Sebab jaket yang tak nyaman digunakan tentunya akan mengganggu konsentrasi saat berkendara. Berkaitan dengan kondisi cuaca panas di musim kemarau tentunya pilihan bahan jaket menjadi penting. Jaket yang tebal membungkus tubuh tentunya akan menyebabkan kegerahan dan berkeringat banyak. Bisa berbahaya sebab mempercepat kelelahan dan dehidrasi.

Hermawan Canopy, supervisor Motoritz, yang menyediakan riding gear premium menyarankan,” Gunakan jaket yang berbahan mesh, atau jaring-jaring. Saat ini bahan mesh cenderung sangat kuat. Jaket mesh yang baik biasanya diperkuat dengan protektor pada bagian tertentu. Sehingga udara tetap mengalir dan nyaman sekaligus menjamin perlindungan dari bahaya cedera jika terjatuh.”

Selain jaket mesh ada juga jaket dengan ventilasi yang bisa dibuka, karena dilengkapi resleiting atau velcro. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*