Cakep Nih… Sepeda Siku Siku Bambu Bakal Tebar Pesona di JCC 2018

0
69
Siku Siku Bambu
JCC 2018 akan jadi saksi peluncuran perdana sepeda karya Siku Siku Bambu. Foto: Instagram @sikusikubambu

NaikMotor – Jakarta Custom Culture (JCC) 2018 bakal membawa lebih banyak unsur gaya hidup. Selain pameran modifikasi, ajang ini akan jadi saksi peluncuran perdana sepeda karya Siku Siku Bambu.

Sepeda yang ditampilkan tentu bukan sepeda biasa, melainkan sepeda bambu. Siku Siku Bambu sendiri sudah berdiri sejak 2013, namun belum menjual produknya untuk umum karena menunggu waktu yang tepat.

Siku Siku Bambu
Foto: Instagram @sikusikubambu

“Sejak berdiri 2013 kami sengaja belum mau jual karena masih prototipe. Baru akhirnya sekarang, dengan dorongan yang kuat akhirnya kami putuskan buat launching nanti di JCC 2018,” kata Rofiq, owner Siku Siku Bambu.

Pria yang lama berkecimpung di dunia kreatif ini mengatakan riset dan pengembangan ialah hal tersulit. Rofiq mengatakan sepedanya bukan bambu yang dibentuk jadi sepeda, tapi sepeda yang menggunakan bahan dasar bambu.

“Ada pengertian yang berbeda di sini. Sepeda ini bukan bambu utuh kemudian dibuat jadi sepeda. Bukan itu. Tapi sepeda dari bahan dasar bambu. Kami gunakan proses laminasi, kemudian bambu olahan itu kami bentuk jadi sepeda,” katanya.

Dengan proses produksi tersebut kata Rofiq, desain sepeda bambu yang dihasilkan pun bisa mengikuti selera jaman. Khusus di JCC 2018 sendiri, ia akan membawa 5 model mulai dari road bike sampai classic style.

Siku Siku Bambu

“Risetnya bukan cuma bambunya saja tapi juga sepedanya. Kami memikirkan bagaimana membuat sepeda yang nyaman, sebab bambu itu cuma salah satu keunggulan saja, tapi juga penting menjadikan sepeda ini enak dipakai,” jelasnya.

Soal kekuatan tidak perlu khawatir. Rofiq menjamin rangka sepeda dari bambu sangat kuat. Ia bahkan sudah mengetes untuk harian sejauh 150 Kilometer dengan pengendara berbobot 65-80 Kilogram.

Siku Siku Bambu
Foto: Instagram @sikusikubambu

“Sebelum mulai proyek ini saya ke IPB, saya mau tau apakah bisa bambu dibuat jadi sepeda. Saya terkejut ternyata susunan atom bambu itu mirip dengan serat karbon. Jadi dari logika sederhana itu saya tau bambu kuat,” katanya.

Nah penasaran kan? tunggu world premier Siku Siku Bambu di JCC 2018 pada 27-28 Oktober di Gambir Expo JiExpo, Kemayoran Jakarta. Atau kalau penasaran intip Instagram mereka di @sikusikubambu.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*