Vespa Allstate Half Italian American, Menggoda Pengunjung di ISF 2018

0
143
Vespa
Vespa memang berbasis di Italia, namun saking popularnya banyak negara lain yang me-rebadge skuter ini salah satunya Sears Allstate. Foto: Lim

NaikMotor – Vespa memang berbasis di Italia, namun saking popularnya banyak negara lain yang kemudian membuat edisi sendiri atas lisensi Piaggio, seperti Bajaj asal India atau Vyatka asal Rusia.

Tak terkecuali di Amerika Serikat (AS), negeri Paman Sam juga memasukkan Vespa ke AS lewat tangan distributor bernama Sears. Sears menjual kendaraan dari berbagai produsen dengan merek Allstate.

Sears Allstate

Kebanyakan model Allstate adalah skuter, tetapi ada juga beberapa motor dan mobil yang dijual di bawah merek Allstate. Khusus untuk skuter, Allstate paling banyak me-rebadge punya Vespa dan Cushman.

Beberapa tipe Sears Allstate juga masuk Indonesia yang sekarang jadi buruan para kolektor Vespa dan skuter kelas berat. Sebab model-model yang masuk ke Tanah Air ini kebanyakan produksi tua tahun 1960-an.

Sears Allstate

Salah satu model yang ‘terselamatkan’ dan masih dapat dinikmati ini pun mejeng di Indonesia Scooter Festival (ISF) 2018. Sosoknya cukup menarik karena tampil tanpa pulasan berat, ada noda karat karena usia tapi tetap cantik.

Seperti disebutkan di atas, karena tiap negara punya peraturan jalan raya yang berbeda, maka ada beberapa perbedaan pada Sears Allstate. Penggemar Vespa atau skuter lawas menyebutnya sebagai American Style.

Sears Allstate
Peneng Sears Allstate

Perbedaan pertama Sears Allstate dengan Vespa Piaggio yakni adaya emblem Allstate di bagian tebeng depan motor. Emblemnya berbentuk peta Amerika Serikat dengan tulisan Allstate di tengahnya sebagai identitas.

Perbedaan lainnya yaitu speedometer yang pakai satuan miles bukan km. Kemudian di beberapa model lampu belakangnya ada tambahan lampu bulat kecil yang kemudian sering disebut lampu Mickey Mouse.(Agl/nm)  

LEAVE A REPLY

*