Yamaha Gembleng Pembalapnya di YRA Naik Sportbike R15 dan R25

0

Yamaha-Riding-Academy-2015-di-Sentul-International-Circuit-(6)
Yamaha kembali menggelar Yamaha Riding Academy (YRA) di Sirkuit Sentul akhir pekan lalu (11-12/8/2015) yang menghadirkan instruktur Yoshiaki Kato dan Norihiko Fujiwara menggunakan motor YZF-R15 dan YZF-R25. Foto: Yamaha

Sentul (naikmotor) – Yamaha terus meningkatkan skill para pembalapnya menuju level yang lebih tinggi dengan menggemblengnya di Sirkuit Sentul memperdalam cara balap dengan sportbike YZF-R15 dan YZF-R25, akhir pekan lalu (11-12/8/2015).

”Pembalap Indonesia punya skill yang bagus dan keberanian. Terbukti 3 rider kebanggaan Indonesia Imanuel Pratna, Sigit PD dan Rey Ratukore pernah naik podium Suzuka 4 Hours tahun lalu,” ujar Yoshiaki Kato, instruktur Yamaha Riding Academy (YRA).

Pembelajaran tersebut bisa digunakan lebih banyak nantinya di ajang balap R Series Yamaha, yang salah satu tujuannya mencari bakat-bakat pembalap muda yang akan berlaga di ajang balap motor dunia.

Norihiko Fujiwara, instruktur dan pembalap senior yang mendampingi Yoshiako Kato berpendapat, “Bukan tidak mungkin pembalap-pembalap muda Indonesia nantinya akan berkiprah dan menjadi terkenal di ajang balap internasional.”

Kriteria rider yang dipilih untuk mengikuti training ini yaitu rider yang berprestasi di regionalnya masing –masing, berbakat dan masih muda untuk kelas pemula. Sedangkan untuk kelas 250 cc pembalap yang turun di kejuaran Asia, Kejurnas dan R-Cup.

Materi training tidak hanya skill balap tetapi pembalap diajak untuk melakukan development motor dan diwajibkan menjaga tata krama saat training. Dengan berlatih di YRA diharapkan para pembalap dapat memepertajam skill balapnya dan pemahaman mengenai aturan di balap internasional.

Menurut Supriyanto, Manager Motor Sport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, YRA tahun ini mengundang rider dari seluruh Indonesia mulai dari Sumatra, Jawa, Bali sampai Sulawesi. Rider tersebut disaring dari Kejuaran Motoprix di region masing-masing atau pembalap yang ikut di kejuaran Asia, Kejurnas dan R-Cup, tapi yang jelas pebalap tersebut harus muda dan berprestasi.

“ Tujuannya adalah sebagai pembekalan dan jenjang karir mereka untuk naik ke kelas sport. Edukasi YRA ini diharapkan mempertajam riding skill dan technical skill. Persentasi training riding skill lebih banyak diajarkan di sirkuit internasioanl. Motor yang kita gunakan pun adalah motor balap R15 dan R25 dengan Kato-san dan Fujiwara-san yang menjadi instrukturnya,” ujar Supriyanto. (rls/NM)

LEAVE A REPLY

*