Pertanyaan Standar, Perlukah Busi Racing untuk Motor Harian?

0
64
Busi racing
Masih banyak yang memakai busi racing buat motor standar harian. Foto: Dok NMC

NaikMotor – Peruntukan motor balap dan harian sudah pasti berbeda, termasuk soal busi. Hanya saja masih banyak yang memakai busi racing buat motor standar harian.  

Diko Oktaviano selaku Technical Support dari NGK Busi Indonesia mengatakan, menggunakan busi khusus balap di kendaraan harian bukanlah ide yang baik karena menciptakan masalah baru.

Karakteristik busi balap yang didesain untuk penggunaan yang ekstrim tidak pas buat mesin standar karena menyebabkan masalah di mesin seperti deposit karbon berlebih hingga misfiring.

Busi Racing
Varian busi NGK. Foto:dok NMC

“Hal tersebut dapat diperburuk apabila mesin sering digunakan untuk jarak dekat dengan ritme stop & go,” tegas Diko yang kerap ditanya perihal perlukah busi racing buat motor harian.

Jika dirasa businya kurang mumpuni, Diko mengatakan pilih busi dengan bahan yang bagus. Cirinya yakni cari busi yang memiliki titik leleh yang tinggi dengan konduktivitas listrik yang baik.

“Pilih elektroda yang mampu menciptakan percikan listrik lebih fokus untuk menghasilkan efek pertumbuhan api yang cepat membesar sehingga menghasilkan ledakan energi yang lebih tinggi,” katanya.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*