Adies Raih Posisi 9 di Etape Pertama Asia Cross Country Rally 2015 Thailand

0
Adies-Setyawan-AXCR-2015-4
Adies Setyawan, pereli motor Indonesia yang memacu Husqvarna TE250 dengan nomor start 15 menempati posisi ke-9 di etape pertama kejuaraan Asia Cross Country Rally 2015 di Chiang Mai Thailand, Minggu (9/8/2015). Foto : Rudy Poa – Fred M Krijgsman

Chiang Mai (naikmotor) – Off-roder asal Dampit Malang, Muchlis Adis Setyawan (Adies), Minggu (9/8/2015) menyelesaikan etape pertama kejuaraan Asia Cross Country Rally (AXCR) Thailand 2015 dari Chiang Mai ke Mae Hong Son sepanjang 380 km.

The 20th anniversary Federal-Vessel Asia Cross Country Rally 2015 yang menempuh total jarak 2.400 km  diikuti 42 pereli motor yang datang dari Thailand, Kamboja, Korea, Jepang, Swedia, Kanada, Norwegia dan Indonesia satu-satunya diwakili oleh Adies.

AXCR 2015 setiap etapenya dibagi dalam dua tahapan, Liaison (jalur penghubung) dan SS (special stage). Minggu (9/8/2015), merupakan etape pertama dengan jalur penghubung sejauh 83 km yang dimulai pukul 06.00 pagi. Disediakan waktu 2 jam untuk menuju garis start SS.

Sementara SS sepanjang 175 k dimulai pukul 08.00 pagi untuk pereli pertama dengan interval setiap satu menit dilepasnya. “ Setelah menyelesaikan 175 km SS, Adies harus menempuh 120 km Liaison untuk menuntaskan etape 1 di Mae Hong Sot, “ sebut Rudy Poa, manajer tim yang menunggu Adies di km 94 di service area untuk refueling dan cek motor.

Ditambahkan Rudy, jalur Liaison kebanyakan adalah jalan aspal yang bercampur tanah dengan jalur melewati pedesaan. Di jalur penghubung ini diberikan batas waktu yang dapat ditempuh dengan kecepatan wajar.

“Hasil waktu di jalur Liaison tidak dihitung dalam poin, kecuali jika telat. Sedangkan Special Stage adalah rute balap, walaupun diberikan batas waktu tempuh maksimum di stage ini, siapa yang tercepat akan mendapat poin terbesar, “ beber Rudy.

Sempat berada di posisi ketiga pada SS di km 94, Adies akhirnya harus terkena penalti usai finis etape pertama karena terlalu lama di service point “ Karena enggak tahu waktu akhirnya terkena penalti. Enggak apa-apa, namanya juga belajar. Tapi yang pasti Adies menjadi perhatian peserta lain. Bawanya berani apalagi banyak trek licin kesukaannya, tapi saya bilang santai dulu karena ini rally panjang,” sebut Rudy.

Senin (10/8/2015) rute yang akan ditempuh Adies akan lebih jauh yakni SS 135 km serta 350 km Liaison on-road dari Mae Hong Son – Mae Sot.

Adies yang didukung Indonesia Off-road eXhibition (IOX Club), Gudang Garam, Karya Indah Motor (KIM), dan Garasi Adventure Surabaya (GAS). Adies memacu Husqvarna TE 250 bore-up 300cc. (Arif/nm)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here