Sering Jatuh, Ini Kunci Marc Marquez Hindari Cedera Serius

0
208
Marc Marquez
Marquez seolah mengerti cara jatuh yang 'baik' sehingga bisa terhindar dari cedera serius. Foto: Speedweek

NaikMotor – Marc Marquez merupakan salah satu pembalap yang paling banyak jatuh sepanjang sejarah. Herannya ia seolah mengerti cara jatuh yang ‘baik’ sehingga bisa terhindar dari cedera serius.

Sepanjang MotoGP 2017, Marquez jatuh sebanyak 27 kali yang sebagian besar terjadi di sesi latihan bebas. Ia juga jatuh saat race, tapi tak jarang berhasil ‘saving’ seperti saat MotoGP Valencia 2017.

Aksi Marquez tidak hanya membuat para penonton kagum dan bertanya-tanya soal resep jatuh yang aman. Adapun Baby Alien mengaku tidak punya resep khusus, kuncinya hanya satu pemanasan yang baik.

“Biasanya Anda meregangkan seluruh tubuhsebelum naik motor. Saya juga melakukan itu karena saya ingin langsung balapan. Jika Anda pemanasan dengan baik dan tubuh lincah, risiko cedera jauh lebih rendah,” kata Márquez.

Marc Marquez

“Paling penting saya coba meregangkan tangan saya, karena saya ingin menghindari arm pump atau sesuatu yang serupa. Jika Anda balapan motor, lengan adalah bagian tubuh yang paling penting,” imbuhnya.

Beberapa rekan pembalap pun mengaku heran bagaimana Marc Marquez bisa selamat dari banyaknya insiden. Seperti yang diutarakan Cal Cruthlow bagaimana Marquez terhindar dari cedera.

“Dia tidak melakukan apa pun selain meregangkan tubuh sepanjang hari. Saya mungkin jatuh dalam karir saya sebanyak Márquez. Tapi saya belum cedera parah dalam hidup saya. Tapi saya tidak tahu,” kata Cruthlow.

“Tapi saya tidak akan mulai melilitkan kaki ke leher  seperti yang dia lakukan. Itu mungkin alasan mengapa ia tidak melukai dirinya sendiri. Ia harusnya punya channel sendiri di internet. Tapi saya tidak punya waktu untuk itu,” katanya.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*