Salut! Stephen Langitan Tuntaskan Riding Jakarta-London

0
98
Stephen Langitan

NaikMotor – Stephen Langitan akhirnya kembali ke Indonesia setelah berhasil menuntaskan solo riding Jakarta-London, sejauh 27.000 km tepat waktu pada perayaan HUT RI ke-73 pada 17 Agustus 2018.

Stephen mengakhiri petualangannya dengan mengikuti upacara bendera di KBRI London. Ia kemudian pulang ke Jakarta dengan pesawat, sedangkan motor diangkut menggunakan kapal dari pelabuhan Southampton, Inggris.

Stephen Langitan

“Terima kasih semuanya, syukur puji Tuhan saya akhirnya bisa menyelesaikan perjalanan saya dengan tidak kekurangan suatu apapun. Saya tiba di Indonesia pada 20 Agustus 2018. Sedangkan saat ini motor masih di jalan,” buka Stephen.

Solo touring Stephen Langitan dimulai pada 25 Maret 2018. Semula ia berencana melewati 30.000 km dengan jumlah 30 negara, namun karena beberapa hal total ia hanya menempuh 27.400 km dan 22 negara.

Stephen Langitan

Hal itu ia lakukan lantaran cuaca beberapa negara yang sedang tidak bagus. Beberapa KBRI setempat juga menyarankan jangan melewati tempat-tempat yang sedang bergejolak konflik sehingga rawan dilewati turis asing.

“Tentunya saya menerima dengan baik saran dari pihak-pihak yang telah mengenal dengan baik di wilayah sana. Seperti contohnya di Albania yang sedang rawan perampokan,” kata Stephen yang menunggang Kawasaki Versys 250 X-Tourer.

Stephen Langitan

Rute yang dilalui dari Jakarta-London yakni Indonesia – Malaysia – Thailand – Myanmar – India – Nepal – Pakistan – Iran – Turki – Yunani- Italia- Vatikan – Monako – Spanyol – Perancis – Swiss – Austria – Jerman -Belanda – Belgia – Inggris.

“Total hanya lima negara yang perlu visa, pertama yakni Myanmar, India, Pakistan, Turki dan Inggris. Turki visa Uni Eropa jadi selama di Eropa bebas visa, tapi Inggris perlu visa sendiri karena sudah bukan UE,” katanya.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*