Canggih… Dyno Test Knalpot Akrapovic Pakai Test Rider Robot!

0
205
Akrapovic
Akrapovic, membuat robot yang berfungsi sebagai test rider untuk keperluan dyno test.

NaikMotor – Jika Yamaha membuat Motobot untuk balapan di trek, maka produsen knalpot asal Slovenia, Akrapovic, membuat robot yang berfungsi sebagai test rider untuk durability testing.

Robot akan menggantikan peran manusia yang punya kecenderungan error lebih besar. Robot lebih kuat dan dianggap akan menghasilkan data yang lebih akurat karena semua akan dikontrol komputer.

Akrapovic

Robot Akrapovic ini akan mengetes knalpot melalui ribuan mil pengujian dalam kondisi yang dikontrol dengan hati-hati, lengkap dengan buka tutup gas dan perpindahan gigi yang diatur ketat.

Sedangkan untuk dyno test knalpot, Akrapovic menggabungkan kamera dan sensor untuk memantau kinerja knalpot, daya yang dihasilkan, suhu dan tekanan balik serta mengukur energi yang terbuang.

Akrapovic

Canggihnya energi yang terbuang dari dyno test akan diubah menjadi energi terbarukan. Tenaga yang terbuang saat pengetesan knalpot dibuat sedemikan mungkin untuk menggerakkan ventilasi udara.

Selain test rider dari robot, dyno test knalpot ini pun diklaim sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Fasilitas ini bahkan punya jalur pengisian BBM sendiri dimana motor tidak perlu berhenti untuk isi bensin.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*