Ada Motor Listrik Bosch di GIIAS 2018, Seberapa Canggih Sih?

0
289
Bosch
Penyedia teknologi asal Jerman, Bosch, turut mengedukasi masyarakat dengan buka booth di GIIAS 2018. Foto: Arif

NaikMotor – Cepat atau lambat motor listrik akan eksis di Indonesia. Selagi masih hangat diperbincangkan, penyedia teknologi asal Jerman, Bosch, turut mengedukasi masyarakat dengan buka booth di GIIAS 2018.

Khusus di seksi motor, Bosch memajang motor listrik purwarupa. Motor ini tampil setengah telanjang dan memperlihatkan tiap bagian komponen motor listrik, mulai baterai, ECU dan motor listrik tipe BLDC.

Bosch
Baterai lithium ion Bosch

Uniknya motor ini ternyata motor purwarupa yang pernah mejeng di booth Viar di Jakarta Fair 2017 tahun lalu. Saat itu motor ini disebut sebagai salah satu pengembangan motor listrik Viar Q1 yang saat itu baru meluncur.

“Motor ini sepenuhnya memakai komponen Bosch. Sengaja kami hadirkan untuk mengedukasi penjunjung soal komponen motor listrik apa saja,” buka Yanuar Kurniawan, Bussiness Development Bosch Indonesia.

Bosch
Human Machine Interface

Garis besarnya komponen motor listrik ini sama seperti model lain yang eksis di pasaran. Hanya saja di motor  ini Bosch menambahkan dua teknologi baru yakni HMI (Human Machine Interface) dan Connectivity Box sebagai otak konektifitas smartphone.

Dalam HMI pengendara dapat melihat berbagai instrumen mulai speedometer, status baterai, jarak tempuh dan kalkulasi baterai. HMI ini full digital dan tampilannya dapat disesuaikan dengan tampilan warna, monochrom serta TFT Display.

Bosch
Connectivity Box

Sementara itu connectivity box memungkinkan pengendara terkoneksi dengan motor lewat smartphone. Pengendara dapat mengontrol serta membaca beberapa data motor lewat layar ponsel.

Pengendara hanya perlu mengunduh aplikasi smartphone. Beberapa keunggulannya yakni pengendara dapat mengunci dan membuka motor. Bisa tracking GPS serta beberapa program hiburan.(Agl/nm)

Bosch

LEAVE A REPLY

*