Radiator Honda Forza 250 Ngumpet di Belakang Tangki Bensin, Ini Alasannya

0
139
Radiator HOnda Forza 250
Posisi radiator Forza 250 ditemptakan di depan mesin serta bagian belakang tangki BBM. Foto: Istimewa

NaikMotor – Honda Forza 250 cukup menyedot perhatian pengunjung GIIAS 2018. Big scooter Honda ini penuh dikerubuti orang, maklum Forza akan jadi penantang Yamaha XMax, sehingga profilnya pasti bikin penasaran. Salah satu yang unik dari penempatan radiator Honda Forza 250  di belakang tangki bensin.

Seperti sudah dibahas, Forza dibekali beberapa fitur terkini mulai visor yang bisa naik turun saampai 14 cm, HSTC alias traction control, sampai yang cukup berbeda yakni posisi radiator Honda Forza 250 yang terletak di belakang tangki bensin.

Yup, letak radiator Honda Forza 250 memang cukup unik. Piranti supaya mesin tidak cepat panas ini terletak di tengah bodi, bukannya di depan seperti motor kebanyakan. Radiatornya ‘ngumpet’ di belakang tangki di depan mesin.

Sekilas memang rada ganjil. Sebab radiator seharusnya banyak mendapat asupan udara supaya ‘makin dingin,’ namun disini malah dibuat dibuat ngumpet. Ternyata ada alasan khusus Honda menempatkan raditor di tengah bodi.

Hiroshi Yamada, Large Project Leader of Honda Forza mengatakan, meski berada di tengah radiator tetap mendapat suplai udara dari sirip yang mengalirkan udara ke sirip radiator ini lewat jalur samping.

“Selain itu pertimbangan posisi radiator di belakang tangki bahan bakar dan di depan mesin agar mengejar bodi yang lebih padat, dan juga membuat tangki bahan bakar lebih besar kapasitasnya,” katanya.

Honda Forza 250

Honda Forza 250 meluncur di GIIAS 2018 dengan banderol Rp 70 jutaan OTR Jakarta. Forza hadir dengan tiga warna eksklusif yaitu Pearl Horizon White, Sword Silver Metallic, dan Mat Gunpowder Black Metallic.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*